JawaPos Radar

Bos ASDP Ferry Indonesia: Ini Penyebab Arus Mudik di Merak Lancar

12/06/2018, 20:22 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Bos ASDP Ferry Indonesia: Ini Penyebab Arus Mudik di Merak Lancar
Ilustrasi arus mudik di Pelabuhan Merak. (Dok. JPNN / JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - PT ASDP Ferry Indonesia (Persero) menyebut arus mudik tahun ini jauh lebih lancar dibanding tahun-tahun sebelumnya. Dicerminkan oleh minimnya penumpukan kendaraan di pintu masuk maupun keluar penumpang.

Direktur Utama ASDP Ferry Indonesia, Ira Puspadewi mengatakan, ada beberapa faktor yang membuat mudik tahun ini lebih lancar. Pertama, adalah waktu libur yang lebih panjang. Tambahan itu dinilai membuat penyebaran penumpang untuk mudik menjadi lebih variatif waktunya.

"Itu membuat pola penumpukan ya berubah. Kebijakan perpanjangan libur sangat baik sekali," ujarnya dalam diskusi FMB 9 di Pelabuhan Merak, Cilegon, Selasa (12/6).

Kedua, perseroan juga begitu gencar mensosialisasikan pemanfaatan layanan beli tiket secara online kepada masyarakat. Hal itu dianggap semakin mengurai kepadatan penumpang di pintu masuk tiket.

"Itu membantu sekali agar tidak menumpik panjang di pelabuhan. Mendapat tiket tidak harus di pelabuhan," jelas dia.

Terakhir, pengaturan terhadap sepeda motor juga dinilai menjadi bagian dalam mensukseskan kelancaran arus mudik di Pelabuhan Merak. Selama ini, kendaraan motor kerap semrawut karena pengaturan yang belum tepat saat itu.

"Kemudian pengelolaan khusus pengemudi motor. Ini membantu sekali dalam mengurai," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up