JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tiru Tiongkok, Indonesia Ingin Permudah Perizinan Lewat OSS

14 Desember 2018, 20:20:49 WIB
Tiru Tiongkok, Indonesia Ingin Permudah Perizinan Lewat OSS
Ilustrasi (Dok. Radar Madura)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah terus melakukan reformasi perizinan di Tanah Air. Tujuannya, mempermudah masyarakat maupun investor yang ingin mengurus izin usahanya. 

Melalui langkah ini, pemerintah optimis memberi dampak besar terhadap perekonomian dan peningkatan daya saing. 

Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Bambang Adi Winarso mengatakan, Tiongkok adalah salah satu negara yang mengedepankan kemudahan perizinan. Bahkan, upaya Negeri Tirai Bambu itu dilakukan dengan berbagai inovasi dan terobosan.

"Sekarang Tiongkok itu dia masuk (daftar, Red) melalui web. Jadi di internet. Dilengkapi terus kemudian diatur kapan akan dilengkapi dan bertemu. Begitu bertemu izin dikasih, requirement diserahkan dan dicek. Setelah itu langsung keluar (izinnya)," ujarnya di Hotel Gran Senyiur, Balikpapan, Jumat (14/12).

Upaya yang dilakukan Tiongkok tidak sia-sia, peringkat kemudahan bisnis mereka tahun 2018 ada di posisi 40 besar. Bagaimana Indonesia? Laporan terbaru Bank Dunia mencatat posisi Indonesia turun ke peringkat 73. 

"Makanya Tiongkok sekarang rangking itu tinggi. Banyak negara berebut mendapatkan investasi," ungkapnya.

Oleh karena itu, pemerintah punya harapan besar melalui Online Single Submission (OSS). Sistem ini diharapkan dapat membuat indeks daya saing Indonesia naik dan memincut para investor.

"Hal inilah makanya presiden mengatakan lakukan reformasi. Untuk menggerakkan ekonomi, butuh darah, nah itu dari luar datangnya (investasi, Red)," tandasnya.

Editor           : Teguh Jiwa Brata
Reporter      : (hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up