JawaPos Radar | Iklan Jitu

Lobby Uni Eropa Soal Pelarangan CPO, Luhut Siap Terbang ke Polandia

07 Desember 2018, 10:56:46 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Lobby Uni Eropa Soal Pelarangan CPO, Luhut Siap Terbang ke Polandia
Menko Kemaritiman Luhut B Panjaitan (DOK.JAWAPOS.COM)
Share this

JawaPos.com - Produk minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) Indonesia masih mendapat penolakan dari negara-negara Uni Eropa hingga hari ini. Mereka masih ngotot menolak dengan alasan lingkungan.

Merespons hal itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan akan segera membahas permasalahan tersebut dengan pihak Uni Eropa.

Rencananya, Luhut akan terbang ke Polandia pekan depan untuk melakukan lobi terkait pelarangan CPO ini. Terlebih lagi, Presiden Uni Eropa berasal dari Polandia.

Lobby Uni Eropa Soal Pelarangan CPO, Luhut Siap Terbang ke Polandia
Ilustrasi buah kelapa sawit dan produk CPO yang kini banyak penolakan dari negara-negara Uni Eropa (DOK.JAWAPOS.COM)

"Nanti kita lobi. Saya akan ke Polandia salah satu tugas saya untuk meyakinkan mereka," ujarnya di Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Kamis (6/12) malam.

Mantan Kepala Staf Presiden itu mengatakan, penolakan oleh Uni Eropa masih menitikberatkan pada aspek lingkungan. Padahal, Indonesia telah melakukan kebijakan moratorium sawit.

Ia berharap, upaya pihaknya menuju Benua Biru pada pekan depan bisa menjinakkan keinginan Uni Eropa terhadap pelarangan CPO.

"Kita juga tidak bikin pelebaran tapi kita kita memperbaiki yang 41 persen yang punya small holders, kemudian ini kaitannya dengan SDGs. Nomor satu masalah kemiskinan, dan seterusnya. Jadi mereka harus tau juga itu," tandasnya.

(Hap/Hana)

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up