JawaPos Radar | Iklan Jitu

Risiko Pegang Dolar Menurun Tekan Minat Investor ke Rupiah

07 Desember 2018, 11:38:37 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Risiko Pegang Dolar Menurun Tekan Minat Investor ke Rupiah
Ilustrasi penukaran mata uang asing di money changer (DOK.JAWAPOS.COM)
Share this

JawaPos.com - Perdagangan nilai tukar mata uang Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) mulai melemah kembali menyusul ketegangan dagang dan kekhawatiran perlambatan pertumbuhan global yang meningkat.

Analis pasar uang Forex Time Lukman Otunuga mengungkapkan, kedua hal tersebut cenderung mengurangi minat investor.

“Penghindaran risiko akan menekan mata uang pasar berkembang sepanjang pekan trading ini dan dolar yang semakin stabil memicu tekanan turun,” ujarnya, Jumat (7/12).

Menurutnya, prospek jangka pendek rupiah semakin mengarah ke bawah meskipun Bank Indonesia (BI) telah meningkatkan suku bunga sebanyak enam kali tahun ini. Pelaku pasar lebih menyoroti Federal Reserve yang diperkirakan akan memperketat kebijakan moneter di bulan Desember.

“Apakah BI akan mengejutkan pasar dengan mengambil langkah yang sama? Kenaikan suku bunga lagi dapat membatasi arus keluar modal dan mencegah defisit transaksi berjalan yang semakin memburuk, namun dapat memengaruhi pertumbuhan ekonomi,” tuturnya.

Pihaknya memperkirakan, rupiah yang melemah dapat mengantarkan hingga menuju Rp 14.600 dalam waktu dekat. Pasalnya, dolar tampaknya akan bergerak di rentang sempit menjelang rilis laporan lapangan kerja AS yang dijadwalkan Jumat ini.

(ce1/mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up