JawaPos Radar | Iklan Jitu

JK: Jangan Ada Penghianatan Dalam Pemberian Kredit ke Pengusaha Kecil

12 Januari 2019, 11:25:59 WIB
JK: Jangan Ada Penghianatan Dalam Pemberian Kredit ke Pengusaha Kecil
Wapres Muhamad Jusuf Kalla (Romys Binekasri/Jawapos.com)
Share this

JawaPos.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengimbau, pemberian kredit harus disalurkan secara adil baik pengusaha besar maupun pengusaha industri kecil. Pasalnya, selama ini bunga kredit yang dibebankan kepada pengusaha kecil justru lebih besar dibandingkan pengusaha besar.

"Saya selalu mengerti apa yang terjadi pada masa lalu, saat bunga kredit untuk pengusaha besar lebih murah dibanding dengan untuk pengusaha kecil. itu sangat tidak adil untuk bangsa,” ujarnya di Ritz Carlton Pasific Place Jakarta, Jumat (11/1) malam.

Menurutnya, hal tersebut menggambarkan, pengusaha kecil yang justru seperti mensubsidi pengusaha besar. Keadilan bangsa harus kembali diterapkan untuk membantu sesama dalam sektor jasa keuangan.

“Pengusaha kecil mensubsidi pengusaha besar itu suatu pengkhianatan akan keadilan bangsa. Kita harus kembali kepada yang benar, pengusaha kecil harus dibantu agar mereka bisa tumbuh dan kuat," tegasnya.

Namun saat ini, kata JK, sistem keuangan nasional sudah berubah menjadi lebih baik. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mendorong inklusi keuangan dan membuka kesempatan kepada siapapun mendapatkan fasilitas keuangan yang sama.

"Kebersamaan untuk memajukan baik sistem industri keuangan yang besar, industri menengah kecil perlu diapresiasi, karena itu suatu tujuan yang besar bangsa ini keadilan untuk semuanya," imbuhnya.

JK mengungkapkan, pemberian bunga lebih rendah kepada pengusaha kecil melalui kredit usaha rakyat (KUR) dapat membantu sistem keuangan nasional dan menjauhkannya dari masalah-masalah.

"Jangan ada sama sekali suatu keuntungan yang sepihak hanya menguntungkan industri merugikan masyarakat, atau menguntungkan masyarakat tapi industri rugi," tandasnya.

Editor           : Mohamad Nur Asikin
Reporter      : Romys Binekasri

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini