JawaPos Radar

Rayakan Namamu untuk Hilangkan Aksi Bully

13/01/2016, 14:05 WIB | Editor: husain
Rayakan Namamu untuk Hilangkan Aksi Bully
Giring NIDJI (kiri) dan rekan artis lainnya saat kampanye Rayakan Namamu bersama Coca-Cola Indonesia di Jakarta, Rabu (13/1). (Dedi Yondra/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Coca-Cola Indonesia bersama komunitas anti-bullying, SudahDong, meluncurkan kampanye Rayakan Namamu. Kampanye ini membawa misi untuk menyadarkan masyarakat untuk mengakhiri budaya bully yang masih kental.

Caranya yakni dengan merayakan keindahan makna dari sebuah nama. Gerakan ini ditandai dengan peluncuran film pendek berisi cerita tiga orang korban bullying verbal melalui praktik pemberian nama julukan.

"Kami sengaja menghadirkan cara unik untuk merayakan keindahan makna dari sebuah nama. Agar bisa mengingatkan sesama melawan pemberian nama julukan yang merupakan bagian verbal bullying," kata Marketing Manager Coca-Cola Indonesia Suryanto Gunawan saat media gathering Rayakan Namamu, di Sentral Senayan, Jakarta, Rabu (13/1).

Menurut Psikolog Liza Marielly Djaprie, verbal bullying merupakan bentuk lain dari penindasan yang terjadi pada siapa saja. Dari data UNICEF, terdapat 50 persen anak mengalami bullying di sekolah. Ini mengakibatkan pengaruh buruk bagi minat dan prestasi.

"Verbal bullying menyebabkan efek psikologis, menusuk banget daripada bullying fisik," ujar Liza Marielly.

Berangkat dari keprihatinan itu, kini digerakkan kampanye Rayakan Namamu untuk menghilangkan bully jenis name calling dalam masyarakat Indonesia.

"Hal ini tidak bisa didiamkan dan perlu gerakan aktif dari masyarakat untuk mengubah ke arah lebih baik. Name calling itu dampaknya negatif sekali," ujar Katyana Wardhana, pendiri SudahDong. 

Kampanye Rayakan Namamu juga melibatkan musisi Giring NIDJI, Tulus, dan aktris Tatjiana Saphira. Ketiganya ternyata juga punya cerita pengalaman menjadi korban name calling saat masih kecil. (ded/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up