JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tak Kalah dengan Online, Belanja di Mal Lebih Nyaman Dilayani SPG

15 Desember 2018, 20:38:12 WIB
Tak Kalah dengan Online, Belanja di Mal Lebih Nyaman Dilayani SPG
Ilustrasi para SPG di AEON Mall BSD City dalam Roleplaying Contest 2018. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Belanja online maupun offline saat ini memiliki keuntungan dan kenyamanan masing-masing bagi para konsumen. Di satu sisi, belanja online memang memudahkan ketika ingin belanja lebih instan, namun di sisi lain berbelanja offline di gerai pusat perbelanjaan juga memberikan kenyamanan dan pengalaman yang menyenangkan (experience). Hal itu didukung dengan pelayanan Sales Promotion Girl (SPG) atau karyawan tenant yang ramah.

Maka, untuk menjamin pelayanan yang ramah kepada pengunjung oleh para karyawan tenant, AEON Mall BSD City menggelar Roleplaying Contest 2018. Lomba itu diikuti para karyawan atau SPG di tenant untuk berlomba dan berperan menjadi pembeli dan penjual dengan pelayanan yang ramah.

"Di era digital ini, customer banyak mendapatkan kemudahan untuk melakukan berbagai hal, salah satunya adalah berbelanja melalui online shop atau e-commerce. Namun ada hal yang tidak bisa di dapatkan oleh customer ketika berbelanja melalui online shop atau e-commerce, yaitu shopping experience," kata GM Operasional AEON Mall BSD City Windy Bharata, Jumat (14/12).

Roleplaying Contest 2018 adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pelayanan sehingga customer bisa mendapatkan kepuasan ketika berbelanja. Presiden Direktur PT. AEON Mall Indonesia Daisuke Isobe mengataka. Roleplaying Contest 2018 merupakan acara yang sangat penting melibatkan para tenant. Kontes seperti ini di Jepang memang sudah seringkali digelar untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

"Kamj bekerja sama dengan para tenant untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap customer,” kata Daisuke.

Roleplaying Contest 2018 dibagi menjadi beberapa tahapan yang sudah dimulai sejak bulan September 2018 lalu. Tahapan pertama adalah workshop yang mengajarkan para peserta keterampilan mengenai keramahtamahan. Tujuan pelatihan pelayanan ini  diharapkan agar nantinya peserta bisa berinteraksi dengan baik kepada customer yang datang berkunjung sehingga customer bisa menikmati suasana belanja dan merasa dilayani dengan ramah. Total peserta yang mengikuti workshop berjumlah 296 peserta. 

Setelah mendapatkan pelatihan, para peserta workshop diperbolehkan mendaftarkan diri untuk mengikuti tahapan selanjutnya, yaitu babak kualifikasi. Tahapan ini diikuti oleh 133 peserta dari hampir seluruh tenant AEON Mall BSD City.

Pada tahap kualifikasi yang diselenggarakan pada bulan Oktober 2018 lalu, para peserta memainkan peran sebagai karyawan tenant dan menawarkan produk unggulan mereka kepada model yang sudah ditunjuk sebagai customer serta tak lupa peserta mengaplikasikan pelatihan mengenai pelayanan keramahtamahan yang sudah didapatkan pada saat workshop.  

Memasuki tahap final, 16 peserta unjuk keterampilan yang sudah mereka pelajari dan latih di depan juri seperti Stefanus Ridwan selaku Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Alphonzus Widjaja selaku Sekretaris Jenderal APPBI, Dedy Lumintang selaku Wakil Ketua APPBI DPD Banten dan Daisuke Isobe selaku Presiden Direktur PT. AEON Mall Indonesia. Roleplaying Contest diadakan di Jepang setiap tahun dan pada tahun ini pun telah diadakan dengan skala terbesarnya dalam jumlah partisipan, dihadiri oleh sekitar 8 ribu perusahaan, yang mencakup sekitar 30 ribu toko.

"Dan Roleplaying Contest ini juga telah diadakan pula di China, Kamboja, dan Vietnam," jelasnya. 

Editor           : Saugi Riyandi
Reporter      : (ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini