JawaPos Radar | Iklan Jitu

Ini Alasan Perut Mendadak Mulas Saat Traveling, Simak 3 Solusinya

05 Januari 2019, 07:20:59 WIB
tips traveling, penyebab perut sakit,
Ilustrasi sakit perut saat bepergian. (Shutterstock)
Share this

JawaPos.com - Bepergian atau liburan memang paling nyaman dilakukan ketika badan dalam keadaan sehat bugar. Meski awal perjalanan terasa sehat, tak jarang masalah kesehatan ditemu di tengah liburan. Seperti perut mulas, sakit perut, mual, hingga sembelit.

Dilansir dari Pop Sugar, Jumat (4/1), kondisi itu bisa terjadi lantaran proses perjalanan terutama selama liburan bisa sangat menegangkan karena lalu lintas macet, penundaan penerbangan, dan pembatalan perjalanan. Selain menguji kesabaran, perjalanan juga dapat mengganggu fungsi tubuh. Hal itu bisa mengganggu sistem pencernaan Anda.

"Kebanyakan orang bepergian selama berjam-jam, dan tidak benar-benar bergerak banyak. Begitu kita duduk dan tidak bergerak, itu memperlambat gerakan di dalam diri kita yang disebut peristaltik. Peristalsis adalah kontraksi otot seperti gelombang yang bertanggung jawab untuk memindahkan makanan yang dimakan dari kerongkongan ke perut dan usus," kata Ahli Gastroenterologi dari New York City Samantha Nazareth.

tips traveling, penyebab perut sakit,
Tetap terhidrasi adalah cara menghindari sakit perut saat bepergian. (Istimewa)

Bergerak sepanjang penerbangan atau berhenti di tempat perhentian untuk menggerakkan kaki bisa membantu tubuh lebih rileks. Namun untuk menghindari sembelit dan ketidaknyamanan perut lainnya, dr. Nazareth merekomendasikan tiga saran.

Bawa Makanan Ringan

"Saya biasanya memberi tahu orang-orang untuk membawa makanan ringan mereka sendiri," kata dr. Nazareth. Ia merekomendasikan untuk mengemil makanan utuh seperti buah.

Tetap Terhidrasi

Cara lain untuk mencegah kembung dan sembelit adalah tetap terhidrasi. Dokter Nazareth merekomendasikan bepergian dengan botol air yang dapat digunakan kembali untuk mencegah dehidrasi dan menjaga sistem pencernaan.

Tetap Aktif

Ketika bepergian ke pulau terpencil, untuk bekerja, atau mengunjungi keluarga, Dr. Nazareth menyarankan untuk tetap aktif begitu mencapai tujuan. Misalnya dengan tetap berjalan sebanyak mungkin untuk mengatur pencernaan dan menghindari sembelit. Dia juga merekomendasikan berjalan di bawah sinar matahari dapat mengatur ulang ritme sirkadian pencernaan.

Editor           : Nurul Adriyana Salbiah
Reporter      : Marieska Harya Virdhani

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini