JawaPos Radar | Iklan Jitu

Jurus Hemat Biaya Transportasi Selama Liburan di Jogja

22 Desember 2018, 09:40:59 WIB
Jurus Hemat Biaya Transportasi Selama Liburan di Jogja
Pariwisata Jogja, Gunung Merapi (Ridho Hidayat/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Yogyakarta atau akrab disebut Jogja adalah kota wisata yang selalu ramai oleh para pengunjung. Baik pada saat liburan panjang maupun akhir pekan, jalanan tidak pernah lengang oleh kendaraan yang lalu lalang. Jogja memang menyimpan kekayaan budaya yang mampu menarik perhatian, bukan hanya wisatawan lokal, tetapi juga mancanegara.

Meskipun termasuk kota yang tidak terlalu besar, sejumlah dana tentu harus dipersiapkan untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain. Nah, bagi Anda yang ingin berlibur ke Jogja dengan bujet hemat, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menyiasati biaya transportasi. 

1. Gunakan Ojek Online

Karena alasan tertentu, akomodasi saat liburan tidak berada dekat dengan destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Tidak perlu khawatir karena ada ojek online di Jogja yang dapat dimanfaatkan. Anda hanya perlu memiliki aplikasi di smartphone untuk memesan penjemputan dari tempat penginapan.

Saat hendak berangkat, pastikan baterai smartphone dalam keadaan penuh sehingga Anda bisa tetap menggunakannya sepanjang hari. Tarif ojek online biasanya cukup murah tergantung pada jarak yang ditempuh. Namun, ada baiknya Anda menggunakan pembayaran secara online supaya lebih praktis.

2. Gunakan Trans Jogja

Salah satu transportasi umum yang populer digunakan di Jogja adalah Trans Jogja. Bus yang didominasi warna hijau, kuning, dan biru tersebut menghubungkan banyak titik penting di Kota Jogja, mulai dari Prambanan hingga Malioboro. Hanya dengan Rp 3.500, Anda sudah bisa mengelilingi Kota Jogja yang eksotis

Supaya perjalanan semakin lancar, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu rute yang akan ditempuh. Bus jurusan tertentu memiliki rute yang tetap. Jika Anda ingin ke Malioboro, misalnya, Anda bisa menggunakan Trans Jogja trayek 3A. Bus Trans Jogja sangat nyaman karena dilengkapi dengan AC, tempat duduk yang memadai, serta jalur yang tetap.

3. Sewa Motor atau Mobil

Jika ingin lebih fleksibel, sebaiknya sewa motor saja untuk bepergian ke mana-mana. Kelebihan menggunakan motor sewaan adalah Anda tidak terikat waktu bepergian. Sebabnya, Bus Trans Jogja biasanya beroperasi hingga pukul 21.00 WIB. Namun, jika masih ingin bersantai sambil menikmati kopi joss di Angkringan Lik Man hingga malam, Anda kemungkinan besar akan ketinggalan angkutan.

Untuk sewa motor, bujet yang perlu dipersiapkan adalah sebesar Rp 50 ribu-60 ribu per hari. Anda juga bisa menyewa mobil dengan tarif Rp 250 ribu-400 ribu per hari jika berlibur bersama keluarga atau ingin ke tempat tujuan yang lebih jauh.

4. Kendaraan Pribadi

Opsi ini berlaku bagi Anda yang berjarak tidak terlalu jauh dari Jogja, misalnya Solo, Magelang, Semarang, atau kota-kota lain di sekitarnya. Dengan menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa merasakan pengalaman yang berbeda dan penuh kesan. Bukan hanya itu, biaya transportasi di dalam kota pun bisa lebih hemat.

Supaya perjalanan wisata lancar, pastikan kendaraan telah dicek kelayakannya sebelum mulai digunakan untuk bepergian. Persiapkan juga rencana alternatif apabila kendaraan mengalami masalah di tengah jalan sehingga liburan bisa tetap menyenangkan.

Selain beberapa trik tersebut, Anda juga wajib mencari tiket pesawat yang murah ke Jogja jika ingin menggunakan transportasi udara. Caranya adalah dengan rajin memantau website Airy yang selalu memberikan harga terbaik kepada para pelanggan. Temukan juga tiket promo dari maskapai Wings Air, Batik Air, AirAsia, dan lain-lain agar perjalanan Anda makin hemat. Dengan biaya transportasi yang lebih murah, perjalanan ke Jogja tetap menyenangkan.

Editor           : Saugi Riyandi
Reporter      : (srs/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up