JawaPos Radar | Iklan Jitu

6 Langkah yang Harus Disiapkan Ibu Hamil Ketika Bepergian

24 Desember 2018, 15:33:59 WIB
ibu hamil, tips traveling,
Ibu hamil ketika traveling. Ibu hamil harus mendapatkan nutrisi yang cukup terutama saat bepergian. (Marie Claire)
Share this

JawaPos.com - Liburan memang hak setiap orang. Termasuk ibu hamil agar tidak stres. Namun, ketika seorang Ibu hamil melakukan bepergian atau traveling, tentu ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Sebab ia turut membawa calon bayi yang ada dalam kandungannya.

Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan? Setidaknya ada enam  hal yang harus diperhatikan untuk Ibu hamil agar nyaman ketika bepergian, dilansir dari Insider, Senin (24/12).

1. Minumlah air

Seringkali seseorang lupa minum air saat bepergian. Tetapi air adalah salah satu nutrisi terpenting saat hamil. Ia perlu minum lebih banyak lagi saat bepergian. Beli botol air terbesar atau isi tempat minum jika ingin bawa sendiri.Air tidak akan menggantikan makanan, tetapi itu bisa membantu mencegah kelaparan besar.

2. Makan Sebelum Bandara

Bahkan jika bangun jam 3 pagi, makanlah sesuatu sebelum pergi atau membawa sesuatu di mobil. Sepotong roti gandum dengan selai kacang, semangkuk sereal dan buah, oatmeal dengan buah dan segelas susu adalah pilihan yang baik.

"Carilah campuran karbohidrat berserat, protein tanpa lemak dan lemak sehat untuk memastikan ia memenuhi semua kebutuhan makronutrien," kata Lauren Schmitt, Ahli Diet Terdaftar dan Pelatih Pribadi Bersertifikat di Los Angeles, CA.

Kombinasi ini juga akan membantu Ibu hamil merasa kenyang lebih lama. Sehingga tidak perlu membeli makan di luar yang belum terjamin kesehatannya.

3. Bawa Camilan

Carilah camilan yang mudah dibawa-bawa tetapi tidak terlalu diproses. Misalnya, ambil sebungkus apel dan camilan sederhana lainnya yang mudah dibawa. Ini berlaku untuk kedua sisi perjalanan, pastikan untuk mengganti camilan dalam perjalanan pulang.

4. Bawa Makan Siang

Ini bisa sesederhana seperti keju,  gandum, buah, wortel, dan edamame. Secara keseluruhan, itu membentuk makanan lengkap yang akan membuat tetap sehat dan kenyang.

5. Jangan Menunggu Sampai Kelaparan

Jika dalam keadaan darurat dan sangat lapar,  mau tidak mau memang harus membeli sesuatu di bandara. Yang terpenting tidak membiarkan rasa lapar dalam waktu yang lama.

6. Hindari Makanan Olahan Yang Asin

Bepergian dapat mendatangkan risiko dehidrasi, pembengkakan, dan paparan lebih banyak kuman. Ketika membeli sesuatu hindari dengan label makanan yang mencantumkan ada tambahan natrium. Ketinggian saat terbang akan menyebabkan retensi/penyimpanan air sehingga tidak perlu menambahkan natrium. Makanan ringan dengan natrium lebih dari 200 mg harus dihindari.

Editor           : Nurul Adriyana Salbiah
Reporter      : (Inr/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini