JawaPos Radar | Iklan Jitu

BNPB Pastikan Longsor di Puncak Bogor Hoax

12 Desember 2018, 19:03:07 WIB
BNPB Pastikan Longsor di Puncak Bogor Hoax
Foto longsor di Sitinjau Laut yang dijadikan foto hoax longsor Puncak, Bogor (Twitter/Sutopo_PN)
Share this

JawaPos.com - Beredar di media sosial sebuah foto kejadian longsor yang terjadi di jalur Puncak, Bogor pada Rabu (12/12). Namun foto tersebut dipastikan hoax setelah Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho memastikan kebenarannya.

"Beredar di medsos jalur di Puncak Bogor longsor seperti foto ini. BPBD sudah mengecek. Puncak aman dan tidak ada longsor pada 12/12/2018 pukul 17.30 WIB. Jadi berita tadi HOAX," tulis Sutopo lewat akun Twitter-nya, @Sutopo_PN, Rabu (12/12).

Dalam cuitannya, ia juga mencantumkan foto yang tersebar sebagai lokasi longsor di Puncak, Bogor. Ia mengatakan, foto tersebut merupakan foto kejadian longsor yang terjadi di jalan Padang-Solok (Panorama 2), Rabu (12/12) pagi.

"Foto ini adalah longsor menutup akses jalan Padang-Solok (Panorama 2) pada 12/12/2018 pagi," lanjutnya.

Sebelumnya, tebing longsor di kawasan Sitinjau Laut, Panorama Dua, Sumatera Barat terjadi sekitar pukul 02.30 WIB, Rabu (12/12) dini hari. Material longsor berupa lumpur dan bebatuan dengan tinggi mencapai 2 meter dengan panjang 30 meter, menutup semua badan jalan.

Akibat longsor tersebut, jalur lalu lintas Padang-Solok yang menjadi jalur alternatif menuju Bukittinggi berhenti total. Longsor tersebut disebabkan oleh tingginya curah hujan yang mengguyur kawasan itu sejak Selasa (11/12).

Editor           : Deti Mega Purnamasari
Reporter      : (dmp/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up