JawaPos Radar | Iklan Jitu

Foto Polisi Dukung Prabowo Sandi, Mabes Polri: Hoax

20 November 2018, 07:08:34 WIB
Foto Polisi Dukung Prabowo Sandi, Mabes Polri: Hoax
Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Sandiaga Uno (Kokoh/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Polri kembali terserang berita bohong alias hoax. Kali ini, mereka dikabarkan berpihak mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Namun Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, kabar disertai foto yang disebarkan melalui akun Facebook itu adalah hoax.

"Foto yang viral di media sosial dan diliput kita sudah klarifikasi benar foto itu, tapi narasi yang dibangun (salah)," ujarnya di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Senin (19/11).

Pihaknya pun katanya sudah melacak pengunggah dan penyebar foto tersebut. "Kita juga sudah bekerja sama dengan kominfo bahwa akun yang menyebarkan hoax itu langsung kita minta pemblokiran maupun takedown," jelasnya.

Sementara itu, Dedi mengaku bahwa foto polisi berkopiah putih dan duduk berkumpul di sebuah aula adalah siswa Sekolah Polisi Negara di Mojokerto, Jawa Timur.

Mereka tengah menggelar acara dalam rangka meningkatkan iman dan ketakwaan. Bukan hanya siswa beragama muslim, namun juga siswa yang memeluk agama nasrani dan hindu.

"Dilaksanakan tiga hari dalam rangka betul-betul memiliki imtaq sebelum menjalani tugas kepolisian," beber Dedi.

Program tersebut katanya bukan pertama kali. "Sudah sekian kali, salah satu yang mengisi adalah Komjen Anton. Kita pastikan hoax. Pak Kapolri juga dalam setiap kesempatan menyampaikan bahwa Polri netral dalam pemilu," tukasnya.

Dalam foto yang beredar sejak Senin (12/11) lalu, terlihat petugas kepolisian berseragam dinas duduk rapi di sebuah aula. Para polisi tersebut mengenakan peci berwarna putih. Salah satu akun Facebook memberi keterangan:

"Dapat dri grub suruh nyebarin biar merinding penjilat2 yg main curang.

KAMI POLRI SIAP MENGAWAL SUARA PRABOWO-SANDI DI PILPRES 2019. DEMI MENJAGA KEAMANAN NEGARA NKRI BAGAIMANA PENDUKUNG PRABOWO-SANDI APA SIAP MENGAWAL SUARA 02 DEMI MENUJU PERUBAHAN."

Editor           : Yusuf Asyari
Reporter      : (dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini