JawaPos Radar | Iklan Jitu

Keluarkan 8 Rekomendasi, Komnas HAM Minta Bantuan Jokowi

11 Desember 2018, 15:56:41 WIB
Komnasham
Komisioner Komnas HAM Beka Ulung di Kantor Komnas HAM, Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (11/12). (Ridwan/Jawapos.com)
Share this

JawaPos.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan menyampaikan delapan butir rekomendasi bertepatan dengan hari HAM internasional yang jatuh Senin (10/12) kemarin. Dalam delapan butir tersebut, terdapat lima isu penting yang harus diselesaikan.

"Pertama rekomendasi soal intoleransi kaitannya dengan kondisi intoleransi di Indonesia, kedua penyelesaian konflik agraria, ketiga penyelesaian pelanggaran HAM yang berat di masa lalu, keempat kepatuhan rekomendasi dan kelima soal rekomendasi penguatan kelembagaan Komnas HAM," kata komisioner Komnas HAM Beka Ulung di Kantor Komnas HAM, Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (11/12).

Ulung menjelaskan, Komnas HAM selalu memberikan surat rekomendasi, namun hanya dihiraukan alias tak ditindaklanjuti maksimal. "Komnas HAM memberikan rekomendasi terus, tapi ada yang banyak sekali yang belum dipatuhi," ungkapnya.

Oleh karenanya, Ulung meminta ketegasan dari Presiden Joko Widodo untuk mengeluarkan kebijakan kepada aparat pemerintah. Baik itu pusat maupun daerah, agar mematuhi rekomendasi yang diberikan Komnas HAM.

Tak hanya itu, Komnas HAM berencana meminta gedung baru kepada Jokowi. Hal ini karena tempat yang ada sudah tidak lagi memadai, karena gedung yang saat ini dipakai merupakan gedung lama dan sempit. Sementara pegawai PNS terus bertambah.

"Tapi itu sampingannya lah. Yang terpenting intoleransi, konflik agraria lalu pelanggaran ham berat, serta kepatuhan rekomendasi dan pengaturan kelembagaan bisa terselesaikan," tukasnya.

Editor           : Imam Solehudin
Reporter      : (rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini