JawaPos Radar | Iklan Jitu

Warga Liberia Curi Sekitar 60 Persen Listrik Negara

06 Desember 2018, 17:23:50 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
liberia, curi listrik, listrik,
Warga Liberia mencuri sekitar 60 persen listrik yang dihasilkan negara tersebut setiap tahunnya (Reuters)
Share this

JawaPos.com - Warga Liberia mencuri sekitar 60 persen listrik yang dihasilkan negara tersebut setiap tahunnya. Mereka membuat koneksi listrik ilegal ke rumah dan bisnis mereka. Ini menurut data terbaru yang ditemukan oleh utilitas listrik milik negara pekan ini.

Pencurian listrik itu menyebabkan kerugian tahunan sekitar 35 juta dolar AS. Liberia saat ini sedang berusaha untuk membangun kembali sektor listriknya pasca dihancurkan selama perang sipil yang berlangsung dari tahun 1989 hingga 2003.

Amerika Serikat ikut memberikan bantuan keuangan dan teknis kepada negara Afrika Barat tersebut demi meningkatkan konektivitas, sebagai bagian dari prakarsa Power Africa yang diluncurkan oleh mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Prakasa itu dibuat dengan tujuan untuk membawa listrik ke 50 juta orang di sub-Sahara Afrika pada tahun 2020. Seperti dilansir RMOL.co (Jawa Pos Grup), namun hingga saat ini hanya 12 persen penduduk Liberia, dan kurang dari 20 persen penduduk di Ibu Kota Monrovia memiliki listrik. Angka ini adalah salah satu tingkat akses terendah di dunia.

Pemerintah Liberia telah menetapkan target untuk menggulirkan listrik ke 70 persen populasi Monrovia pada 2030. Dikabarkan BBC, pencurian listrik sendiri terjadi di Liberia bukan karena tidak mau membayar, melainkan karena utilitas listrik belum dapat memenuhi permintaan besar untuk listrik di negara itu.

Akibatnya, jika seseorang melihat kabel listrik di rumah atau tokonya, dia akan menghubungkan kabelnya sendiri ke kabel untuk memberikan listrik kepada dirinya sendiri.

(met/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up