JawaPos Radar | Iklan Jitu

Duterte Ditantang Jalani Tes Narkoba

07 Desember 2018, 15:30:37 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
duterte, perang narkoba, narkoba,
Senator Filipina Antonio Trillanes IV menantang Duterte menjalani tes narkoba untuk membuktikan ucapannya adalah bercanda (Macau Business)
Share this

JawaPos.com – Candaan Presiden Filipina Rodrigo Duterte perihal dirinya yang mengkonsumsi ganja tampaknya memang tidak lucu. Dilansir dari CNN Filipina pada Kamis (6/12), Senator Filipina Antonio Trillanes IV menantang Duterte menjalani tes narkoba untuk membuktikan ucapannya adalah bercanda.

"Ikuti tes narkoba," kata Trillanes pada Duterte setelah lelucon ganja tersebut.  "Duterte berusaha mati-matian menyatakan kalau pengakuannya tentang penggunaan ganja hanya lelucon. Terlambat! sekarang saatnya dia membuktikan ia bersih dengan menjalani tes narkoba," tambah Sang Senator.

Juru Bicara Presiden Duterte, Salvador Panelo mengatakan, Duterte tidak akan menanggapi tantangan itu. "Saya pikir dia harus menjadi orang yang menjalani itu. Duterte tidak akan melakukannya," kata Panelo.

duterte, perang narkoba, narkoba,
Warga meminta perang narkoba yang menyebabkan banyak orang tewas dihentikan (IB Times)

Setelah pidato hari Senin, Duterte mengulangi pernyataan kalau soal ganja itu hanya lelucon. "Bahkan jika kamu percaya, maka kamu bodoh," katanya kepada wartawan.

Istana Filipina membela keras Duterte. Panelo mengatakan, tidak logis meminta Duterte menjalani tes narkoba. "Presiden — sama seperti orang lain, berhak untuk membuat lelucon sesekali."

Ini bukan pertama kalinya Trillanes menantang Duterte untuk melakukan pemeriksaan terkait penggunaan narkoba. Pada bulan Agustus, ia menjalani tes narkoba untuk para senator. Di Twitter ia menunjukkan kalau hasil tes narkobanya negatif.

Selama bulan yang sama, Trillanes juga menantang Duterte untuk tes kecerdasan (IQ). Bahkan ia menyebut Duterte adalah presiden paling pemalas, paling gila, dan paling buruk yang pernah dimiliki negeri ini.

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up