JawaPos Radar

Bersejarah, Pertama Kali Perempuan Suku Asli Amerika Masuk Kongres AS

08/11/2018, 18:07 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
suku asli amerika, kongres as, amerika,
Sharice Davids and Deb Haaland akan menjadi perempuan suku asli Amerika pertama yang terpilih untuk menduduki Kongres AS (CNN)
Share this

JawaPos.com - Sharice Davids and Deb Haaland akan menjadi perempuan suku asli Amerika pertama yang terpilih untuk menduduki Kongres AS. Davids menggulingkan orang dari Partai Republik, Kevin Yoder di Kansas, dan Haaland diproyeksikan memenangkan distrik Demokratnya yang andal di New Mexico.

Davids adalah anggota dari Ho-Chunk Nation dan Haaland adalah anggota terdaftar dari Pueblo of Laguna. Kemenangan yang diproyeksikan untuk dua wanita asli Amerika ini menandai tonggak bersejarah dalam sistem politik AS.

Di New Mexico, Haaland akan menggantikan Michelle Lujan Grisham dari Partai Republik yang mengosongkan kursinya untuk mencalonkan diri sebagai gubernur. Sementara, Davids akan menggeser Kevin Yoder dari Partai Republik di Kansas.

Davids mengidentifikasi dirinya sebagai seorang lesbian. Seperti dilansir RMOL.co (Jawa Pos Grup), ia akan menjadi anggota Kongres AS yang lesbian kedua kalinya secara terbuka dari Kansas, setelah Senator Tammy Baldwin di Wisconsin.

Dia juga mantan pejuang seni bela diri campuran profesional dan pengacara. CNN menjuluki distrik di mana Davids bersiap menang sebagai wilayah Demokrat yang kuat.

Haaland memenangkan pemilihan distriknya pada bulan Juni, yang memungkinkan dia melawan calon kongres dari Partai Republik Janice Arnold-Jones. Dia berkampanye dengan dukungan keuangan dari berbagai suku dan organisasi asli Amerika, menurut Albuquerque Journal

(met/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up