JawaPos Radar | Iklan Jitu

Jelang KTT, Kim Terbang ke Singapura dengan Jet Pribadi

10 Juni 2018, 15:29:59 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Jelang KTT, Kim Terbang ke Singapura dengan Jet Pribadi
Kim Jong Un disebut bertolak ke Singapura (KCNA)
Share this

JawaPos.com - Jelang Kerja Sama Tingkat Tinggi (KTT) antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un yang akan diselenggarakan di Pulau Sentosa, Singapura 12 Juni mendatang, Kim dikabarkan sudah menuju ke Singapura dengan menggunakan jet pribadi.

Kim dikabarkan telah menaiki jet pribadi Boeing 747 milik Tiongkok yang biasa digunakan oleh para pejabat tinggi Tiongkok. Menurut Kantor Berita Yonhap, pesawat Air China terdeteksi berangkat pada pukul 08:30 pagi waktu setempat dari bandara Pyongyang.

Satu pesawat lainnya, Kargo jet Ilyushin-76 (IL-76) dikabarkan telah berangkat lebih awal dari Korut ke Singapura hari ini. Pesawat kargo tersebut diyakini membawa bahan-bahan makanan dan beberapa mobil yang nantinya akan dipakai untuk mengawal Kim.

Jelang KTT, Kim Terbang ke Singapura dengan Jet Pribadi
Hotel Capella, tempat Kim Jong Un dan Donald Trump bertemu (CNN)

Layanan pelacakan penerbangan melaporkan bahwa IL-76 akan mendarat sebentar di Guangzhou, Tiongkok Selatan sebelum kembali terbang ke Singapura, seperti dilansir Sputnik, Minggu, (10/6).

Perjalanan Kim ke Singapura menjadi perjalanan kesekian kalinya ke luar negeri selama menjabat sebagai pemimpin Korut. Dia diketahui melakukan perjalanan udara pada 2011 lalu untuk pertama kalinya. Pesawat Kargo IL-76 juga telah ikut menemani jet pribadinya Iluyshin-62M saat melakukan kunjungan ke Tiongkok pada Mei lalu.

Gedung Putih menyatakan, Trump juga telah berangkat ke Singapura. Dia diperkirakan akan bertemu dengan Kim pada Selasa mendatang. Trump akan lepas landas dari Kanada setelah berpartisipasi dalam Kerjasama Tingkat Tinggi (KTT) Kelompok Tujuh (G7) dan diperkirakan akan tiba di Singapura pada Minggu.

Kim Jong Un diperkirakan tiba di Singapura pada Minggu. Sebelumnya, seorang pejabat Angkatan Udara (AU) Korea Selatan mengatakan kepada South China Morning Post kalau jet tempur Tiongkok akan mengamankan rute penerbangan Kim menuju tempat pertemuan bersejarah tersebut.

(trz/JPC)

Alur Cerita Berita

Makan Siang Trump dan Kim, Babi Asam Manis 10 Juni 2018, 15:29:59 WIB
Ini Jadwal Lengkap Pertemuan Trump-Kim 10 Juni 2018, 15:29:59 WIB
Kim Jong Un Tiba di Singapura 10 Juni 2018, 15:29:59 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up