JawaPos Radar | Iklan Jitu

Delhi Siap Satukan Panti Jompo dan Sapi Telantar di Satu Tempat

12 Januari 2019, 05:10:59 WIB
orang lanjut usia, jompo, india,
Pemerintah Delhi berencana untuk membuat rumah khusus bagi orang lanjut usia dan beberapa ribu sapi terlantar dari kota-kota di India (BBC)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah Delhi berencana untuk membuat rumah khusus bagi orang lanjut usia dan beberapa ribu sapi terlantar dari kota-kota di India. Dilansir dari AFP pada Kamis (10/1). Menteri pembangunan setempat Gopal Rai mengatakan ia telah meluncurkan program tersebut.

Nantinya, sapi dan lansia akan hidup berdampingan, saling menjaga satu sama lain di sebuah fasilitas percontohan yang direncanakan di barat daya Delhi.  “Ketika seekor sapi mengering, orang-orang meninggalkannya dan dia berakhir di gaushala (tempat berlindung sapi). Demikian pula, manusia juga ditelantarkan dan dikirim ke rumah-rumah jompo, bahkan oleh keluarga kaya,” ujar media lokal mengutip Rai.

Adapun program lain yang menyertai, seperti langkah-langkah pengendalian kelahiran monyet, karena di mana-mana di Ibu Kota India, monyet nakal dan kadang-kadang berbahaya, bahkan cenderung liar sering ditemukan.

orang lanjut usia, jompo, india,
Nantinya, sapi dan lansia akan hidup berdampingan, saling menjaga satu sama lain di sebuah fasilitas percontohan yang direncanakan di barat daya Delhi (The News Minute)

Di India, memang sering ditemukan beberapa binatang yang berkeliaran, seperti sapi, anjing, dan monyet. Selain itu, orang tidak dapat merawat sapinya karena kemacetan di jalan-jalan Delhi. Hal itu membuat sapi mereka makan sampah. Oleh karena itu, menampung hewan di asrama khusus dengan biaya kecil bisa menjadi solusi.

Sejak sayap kanan Perdana Menteri Narendra Modi, Bharatiya Janata Party naik ke tampuk kekuasaan pada tahun 2014, sapi yang suci bagi umat Hindu, telah memenangkan perhatian pemerintahan.

Bahkan banyaknya sapi yang diambil untuk disembelih telah memicu pembalasan pembunuhan dan kerusuhan agama. Setiap bulan, sekitar 600 sapi ditangkap di Delhi dan dipindahkan ke lima tempat penampungan.

Sensus ternak tahun 2012 menemukan ada lebih dari lima juta sapi liar di seluruh India dan lebih dari 12 ribu di Delhi.

Editor           : Dyah Ratna Meta Novia
Reporter      : Dinda Lisna

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up