JawaPos Radar | Iklan Jitu

3.000 Tersangka Pembuat Miras Oplosan India Ditangkap

12 Februari 2019, 17:45:36 WIB
miras, alkohol, oplosan,
Setidaknya 3.000 tersangka pembuat minuman keras oplosan di India ditangkap. Alkohol yang mereka racik telah menewaskan lebih dari 100 orang di India (Shutterstock)
Share this

JawaPos.com - Setidaknya 3.000 tersangka pembuat minuman keras oplosan di India ditangkap. Alkohol yang mereka racik telah menewaskan lebih dari 100 orang di India.

Menurut NDTV via Sky News, alkohol pertama kali diminum pada saat orang-orang menghadiri pemakaman di Kota Haridwar. Pada saat itu, 36 orang telah dipastikan meninggal dan 18 lainnya masih di rumah sakit.

Minuman itu telah dicampur dengan metanol, zat beracun yang biasa digunakan sebagai bahan antibeku. Korban selanjutnya berjumlah 69 orang, dikhawatirkan meninggal setelah minuman beralkohol yang sama, dibawa ke Uttar Pradesh.

miras, alkohol, oplosan,
Orang-orang miskin di India tak mampu membeli minuman beralkohol mahal seperti red wine (Reuters)

Banyak dari mereka yang akhirnya tewas, mengeluh sakit perut dan mengalami masalah pernapasan. Insiden ini diyakini sebagai wabah paling mematikan sejak 2011, ketika sejumlah minuman keras oplosan membunuh 172 orang di Benggala Barat.

Kematian akibat alkohol yang dibuat secara ilegal merupakan hal umum di India. Sebab merek berlisensi seringkali mahal, apalagi untuk mereka yang berada dalam kemiskinan.

Alkohol oplosan, sering memiliki bahan kimia yang ditambahkan untuk meningkatkan kekuatannya. Di beberapa negara bagian, seperti Bihar, penjualan alkohol dilarang.

Editor           : Dyah Ratna Meta Novia
Reporter      : Dinda Lisna, Verryana Novita Ningrum

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up