JawaPos Radar

Muak dengan Sikap Duterte, Perempuan Filipina Unjuk Rasa

13/06/2018, 15:38 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Muak dengan Sikap Duterte, Perempuan Filipina Unjuk Rasa
Perempuan Filipina unjuk rasa sikap Duterte yang sering dinilai melecehkan (AFP)
Share this image

JawaPos.com - Lebih dari 1.000 perempuan berbaris di Kota Manila, Filipina, pada Selasa (12/6). Hal itu dilakukan karena mereka ingin memberitahu Presiden Rodrigo Duterte kalau mereka sudah muak dengan perbuatan Duterte yang kerap dinilai melecehkan perempuan berulang kali.

Para pengunjuk rasa membawa payung melawan hujan lebat dan beberapa memakai baju berwarna bendera Filipina. Sambil berjalan, mereka meneriakkan, 'Duterte takut pada perempuan!'

Selama dua tahun di kantornya, Duterte telah berulang kali dengan tanpa penyesalan bercanda mengenai kasus pemerkosaan perempuan. Ia juga memerintahkan tentara untuk menembak para perempuan pemberontak tepat di kemaluannya.

Muak dengan Sikap Duterte, Perempuan Filipina Unjuk Rasa
Duterte mencium perempuan bersuami di Korsel (YouTube)

Minggu lalu dia memicu kemarahan setelah membujuk seorang perempuan Filipina yang sudah menikah untuk mencium bibirnya di atas panggung selama kunjungannya di Seoul, Korea Selatan. Ia melakukan pembelaan dengan mengatakan, "Kami menikmatinya."

"Kami mengatakan, kami sudah cukup mendengarnya," kata Aktivis Perempuan Jean Enriquez dilansir dari AFP, Rabu (13/6). Enriquez adalah bagian kelompok perempuan yang meluncurkan kampanye di media sosial bergaya seperti #Metoo yang bertujuan memprotes sikap Duterte yang sering kurang menghargai perempuan.

Hashtag #BabaeAko (Saya seorang perempuan) milik para aktivis perempuan itu tersebar dengan cepat di media sosial. Ribuan unggahan sejak saat itu menjadi trending topic. Penyelenggara memperkirakan, sekitar 1.500 orang, termasuk pria, ikut serta dalam unjuk rasa tersebut.

(ce1/iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up