JawaPos Radar | Iklan Jitu

Lindungi Rahaf, Kanada Sediakan Pengawal

20 Januari 2019, 11:56:40 WIB
rahaf, suaka, arab saudi, kanada, pengungsi,
Guna menjaga keamanan gadis Arab Saudi Rahaf Mohammed yang melarikan diri dari keluarganya, lembaga pengungsi Costi memberikan pengawal untuk Rahaf (Reuters)
Share this

JawaPos.com – Guna menjaga keamanan gadis Arab Saudi Rahaf Mohammed yang melarikan diri dari keluarganya, lembaga pengungsi Costi memberikan pengawal untuk Rahaf. Dilansir dari Reuters pada Rabu beberapa hari alu,  Rahaf, 18 tahun, menjadi berita utama internasional setelah dia ditangkap di Ibu Kota Thailand, Bangkok.

Rahaf melarikan diri dari keluarganya setelah mendapatkan kekerasan. Begitu tiba di Kanada dan mendapatkan suaka dari negara tersebut, Rahaf mengaku telah menerima beberapa ancaman online yang membuatnya takut akan keselamatannya.

Hal ini diungkapkan Direktur Eksekutif Costi, Mario Calla. Costi dikontrak oleh Pemerintah Kanada untuk membantu Rahaf memulai hidup dan menetap di Toronto.

rahaf, suaka, arab saudi, kanada, pengungsi,
Perjanjian Kanada untuk mengambil Rahaf datang pada saat yang sulit dalam hubungan Kanada-Saudi (RT)

Costi telah menyewa seorang penjaga keamanan dan memastikan Rahaf tidak pernah sendirian. "Sulit untuk mengatakan seberapa serius ancaman ini. Kami menganggapnya serius,” ujar Calla.

Rahaf telah membuang nama belakang keluarganya, Al Qunun. “Saya mengerti bahwa semua orang di sini dan di seluruh dunia mendoakan saya dan ingin terus mendengar tentang apa yang saya lakukan. Namun saya ingin mulai menjalani kehidupan pribadi yang normal, sama seperti perempuan muda lainnya yang tinggal di Kanada,” katanya dalam pernyataan yang dibacakan oleh Saba Abbas di Toronto.

Perjanjian Kanada untuk mengambil Rahaf datang pada saat yang sulit dalam hubungan Kanada-Saudi. Tahun lalu Saudi membekukan semua investasi baru dengan Kanada setelah Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland menyerukan pembebasan aktivis hak asasi Saud yang dipenjara.

Jadi ketika Freeland menyambut Rahaf di Bandara Toronto secara langsung, beberapa kritikus berpendapat, sikapnya bisa memprovokasi otoritas Saudi.

Freeland mengatakan, ia melakukan apa yang dia inginkan untuk putrinya sendiri. Rahaf berterima kasih kepada Pemerintah Kanada dan Thailand dan Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi karena memungkinkannya pindah ke Kanada.

"Saya salah satu yang beruntung. Saya tahu bahwa ada perempuan sial yang hilang setelah mencoba melarikan diri atau yang tidak bisa melakukan apapun untuk mengubah realitas mereka di Saudi," ujar Rahaf.

Editor           : Dyah Ratna Meta Novia
Reporter      : Dinda Lisna

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up