JawaPos Radar | Iklan Jitu

Pasok Minyak ke Syria, Iran Dapat Sanksi AS

21 November 2018, 16:38:32 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
iran, syria, minyak, as,
Departemen Keuangan Amerika Serikat mengatakan, Teheran bekerja dengan perusahaan-perusahaan Rusia, menyediakan jutaan barel minyak kepada Pemerintah Syria (Al Arabiya)
Share this

JawaPos.com - Amerika Serikat menerapkan sanksi baru pada Iran, Selasa (20/11). Sanksi baru dijatuhkan karena Amerika Serikat menuduh Iran telah menciptakan jaringan kompleks perusahaan-perusahaan cut out Rusia dan perantara Syria untuk mengirim minyak ke Damaskus. Dana penjualan minyak tersebut digunakan untuk membiayai Hizbullah dan Hamas.

Amerika Serikat menganggap baik Hizbullah maupun Hamas merupakan organisasi teroris. Meskipun faktanya Hamas merupakan organisasi perjuangan kemerdekaan di Palestina.

Departemen Keuangan Amerika Serikat mengatakan, Teheran bekerja dengan perusahaan-perusahaan Rusia, menyediakan jutaan barel minyak kepada Pemerintah Syria.

iran, syria, minyak, as,
Amerika Serikat menuduh Iran telah menciptakan jaringan kompleks perusahaan-perusahaan cut out Rusia dan perantara Syria untuk mengirim minyak ke Damaskus (Reuters)

"Rezim Bashar Al Assad di Syria memfasilitasi pergerakan ratusan juta dolar Amerika Serikat bagi Pasukan Garda Korps Revolusi Islam Qods untuk transfer ke Hamas dan Hizbullah," kata keterangan yang dirilis Departemen Keuangan Amerika Serikat seperti dimuat Channel News Asia.

Sanksi baru ini juga menargetkan warga negara Syria Mohamed Alchwicki dan perusahaannya yang berbasis di Rusia, Global Vision Group. Seperti dilansir RMOL.co (Jawa Pos Grup), ia dituduh memainkan peran sentral baik dalam transfer minyak ke Syria dan penyaluran uang ke kelompok militan.

Amerika Serikat mengatakan, perusahaan itu secara ilegal menerima transfer dana dari Bank Sentral Iran melalui serangkaian transaksi yang rumit.

(met/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up