JawaPos Radar | Iklan Jitu

BP Batam Sambut Baik Rencana Relokasi Pabrik Iphone Ke Batam

07 Desember 2018, 18:02:34 WIB | Editor: Budi Warsito
BP Batam Sambut Baik Rencana Relokasi Pabrik Iphone Ke Batam
Perushaaan perakit iphone dikabarkan akan membuka pabrik di Batam. (Ilse Jurrien/Lets Go Digital)
Share this

JawaPos.com - Rencana relokasi perusahaan perakit Iphone ke Batam disambut baik Badan Pengusahaan (BP) Batam. Hal itu dianggap sebagai nilai plus untuk Batam.

Kasubdit Humas BP Batam, M Toufan mengatakan, kabar yang beredar saat ini sangat baik untuk Batam. Terlebih bila bisa segera direalisasikan. Hal ini menunjukkan jika investasi di Batam sangat menarik bagi investor.

"Memang belum ada konfirmasi terkait rencana itu secara langsung ke BP Batam. Tapi ini sangat baik untuk perkembangan ekonomi Batam," kata Toufan, Jumat (7/12).

‎Toufan melanjutkan, Batam memiliki kawasan industri yang siap menampung pabrik perakitan Iphone. Bahkan lahan yang tersedia masih cukup jika ingin membangun pabrik industri sendiri.

Selain itu, ia menyatakan perusahaan di Batam juga telah berpengalaman untuk perakitan smartphone. Dimana produk smartphone Xiaomi dirakit di Batam.

BP Batam lanjutnya, memang sudah mendapatkan kabar perihal rencana relokasi Iphone ke Indonesia, tepatnya ke Batam. Namun secara pasti terkait waktu dan posisi yang dimana akan dibuat belum diketahui.

Dengan menyewa pabrik di Batam, investasi yang dilakukan Pegatron akan menyerap ribuan tenaga kerja. "Kalau jadi, bisa menyerap banyak tenaga kerja kita," tambahnya.

Sebelumnya diketahui bahwa perakit komponen Iphone asal Taiwan, Pegatron akan mengalihkan sebagian produksinya dari China ke Indonesia. Pengalihan produksi ini disebabkan oleh perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up