JawaPos Radar | Iklan Jitu

Kagum, Menhub Ingin Terapkan Standar Tanjung Emas ke Pelabuhan Lain

07 Desember 2018, 19:03:14 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Pelabuhan Tanjung Emas
TANJUNG EMAS: Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas, Jumat (7/12). (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jumat (7/12). Ia yang mengaku kagum dengan segala standar yang diterapkan di sana, menyatakan bakal menerapkannya ke pelabuhan lainnya.

Budi mengatakan, pelayanan dan fasilitas di Tanjung Emas sama baiknya dengan yang ada di bandara. Seperti tiket vending machine, pemeriksaan barang ketat, pengecekan ganda pada manifest, dan sebagainya. Ia akan menerapkan hal ini ke pelabuhan lain di Indonesia.

"Jakarta, Priuk, Tanjung Perak, tapi saya juga ingin pelabuhan kecil seperti Kaliadem seperti ini. Harus ada pagar, x-ray, semua pelaut dididik punya buku pelaut. Kaliadem adalah satu percontohan untuk pelayaran rakyat. Kalau ini (Tanjung Emas) kan kapal-kapal yang lebih besar," ujarnya selepas peninjauan.

Ia menyebut ada banyak pelabuhan pelayaran rakyat yang perlu dirombak sistemnya. Selain Kaliadem, ada empat lagi, utamanya di Indonesia bagian Timur. Dan prosesnya sudah dimulai.

Kebanyakan pelayaran rakyat, kata Menhub, saat ini masih belum memenuhi standar-standar di atas. Padahal, menurutnya, keberadaan pelabuhan-pelabuhan ini sangat krusial. Tapi malah terkesan abai dalam segi pelayanan dan keamanan. 

"Kapalnya tidak sehat, jumlahnya lebih banyak, pelaut tidak ada pendidikan, manifest penumpang juga tidak ada. Oleh karenanya bisa dimulai dengan ada tiket, lalu x-ray dan sebagainya. Kemudian safety, ramp check. Ini bagian dari kita dalam menertibkan pelabuhan rakyat," terangnya panjang.

Sehingga, dengan adanya penyetaraan standar ini, baik di pelabuhan sekelas Tanjung Emas serta pelayaran rakyat, makin membuktikan jika konektivitas bukan semata monopoli angkutan udara juga. Tapi angkutan laut juga menjadi salah satu moda yang diminati masyarakat.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up