JawaPos Radar | Iklan Jitu

Masuk Kejaksaan, Ratusan Pelaku Penjarahan Palu Kini Tunggu Sidang

07 Desember 2018, 17:17:26 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
pelaku penjarahan palu, berkas penjarahan palu, penjarahan gempa palu
Sejumlah warga saat mengambil bahan makan di gerai-gerai minimarket di Palu, Sulawesi Tengah, pasca gempa beberapa bulan lalu. (Haritsah Almudatsir/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Kasus penjarahan yang pascagempa dan tsunami di Palu akhir September lalu segera berlanjut ke meja kejaksaan. Penyidik Sat Reskrim Polres Palu telah melakukan tahap dua atau pelimpahan berkas tersangka berserta barang bukti ke pihak Kejaksaan Negeri Palu untuk disidangkan.

Kasat Reskrim Polres Palu AKP Kristian Holmes Saragih mengatakan, pihaknya telah melimpahkan tersangka dan barang bukti ratusan tersangka ke pihak kejaksaan untuk selanjutnya diproses lebih lanjut.

“Iya, dalam minggu-minggu terakhir ini secara bertahap kami sudah melakukan tahap dua terhadap ratusan tersangka kasus penjarahan pascabencana alam. Total keseluruhan tersangka yang sudah masuk tahap dua itu sebanyak 142 tersangka,” ungkapnya sebagaimana diberitakan Radar Sulteng (Jawa Pos Group), Jumat (7/12).

pelaku penjarahan palu, berkas penjarahan palu, penjarahan gempa palu
Ilustrasi: berkas sidang. Masuk Kejaksaan, Ratusan Pelaku Penjarahan Palu Kini Tunggu Sidang (TheTelegraph)

Holmes juga mengatakan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak kejaksaan. “Walau sudah tahap dua, kami tetap terus berkoordinasi dengan pihak kejaksaan,” tegasnya.

Dia menambahkan, pelimpahan berkas ke Kejari Palu termasuk dengan pelaku penjarahan yang dipimpin Kades asal Tolitoli, di antaranya, inisial AI, HT, ADI, DM, DI, dan NA. Polisi melakukan penahanan sesuai dengan dasar penahanan menggunakan Perma Nomor 4 Tahun 2016.

“Semua berkas yang kami susun oleh penyidik sudah tuntas, dan masih ada sekitar 20 pelaku penjarahan dalam tahap pemberkasan,” katanya.

(fab/jpg/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up