JawaPos Radar | Iklan Jitu

Napi Kabur Lapas Lambaro, 44 Orang Sudah Tertangkap

07 Desember 2018, 19:06:58 WIB | Editor: Budi Warsito
Napi Kabur Lapas Lambaro, 44 Orang Sudah Tertangkap
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Hamonangan Laoly di Medan, Jumat (7/12). (Prayugo Utomo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Sedikitnya sudah 44 orang dari 113 Narapidana yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan Lambaro, Aceh beberapa waktu lalu telah berhasil ditangkap kembali. Hal tersebut diungkapkan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Hamonangan Laoly di Medan, Jumat (7/12).

Kaburnya Napi dari Lapas Lambaro memang menjadi PR baru Kemenkumham. Saat ini, Kemenkumham sudah meminta setiap Lapas untuk memperketat keamanan.

"Tinggal dikit lagi. Ada beberapa yang sudah diamankan di Polsek-Polsek dan belum terdata," kata Yasonna, Jumat (7/12).

Ia melanjutkan, saat ini pihaknya terus melakukan penyisiran terhadap para Napi yang masih buron. Penyisiran itu dilakukan dengan bantuan dari TNI dan kepolisian.

Sementara itu, Direktur Keamanan dan Ketertiban Kemenkumham, Lilik Sujandi mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan aparat hukum dan juga tokoh masyarakat. Para Napi juga diimbau untuk menyerahkan diri.

"Kepada aparat hukum kita minta kerjasamanya juga dengan aparat yang dari pemasyarakatan untuk melakukan pengejaran. Sebagai bentuk daripada pemulihan kepatuhan hukum terhadap narapidana yang melarikan diri," ujarnya.

Untuk diketahui, para napi kabur saat warga binaan meminta melaksanakan Salat Magrib berjamaah sekitar pukul 18.30 WIB pada Kamis (29/11) lalu.

Karena provokasi, narapidana lainnya juga melarikan diri dari Lapas Kelas II A Banda Aceh. Mereka menjebol pagar ornamen pemisah kantor utama dengan blok atau taman kunjungan.

(pra/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up