JawaPos Radar | Iklan Jitu

Usai Perayaan Tahun Baru, Anies Cabut Subsidi Parkir Buat PNS

07 Desember 2018, 18:55:59 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Usai Perayaan Tahun Baru, Anies Cabut Subsidi Parkir Buat PNS
Subsidi parkir bagi PNS dicabut mulai 1 Januari 2019 (Salman Toyibi/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Subsidi parkir bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di IRTI Monas, Jakarta Pusat akan dihilangkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai awal tahun mendatang. Hal ini dilakukan dalam rangka pengetatan parkir di sejumlah kawasan Jakarta.

Anies menyatakan bahwa tidak akan ada lagi keringanan bagi para PNS untuk parkir murah di kawasan Monas. Sebab, PNS harus dapat menjadi contoh yang utama bagi warga Jakarta memulai kebiasaan naik kendaraan umum.

"Parkir IRTI, besok tidak ada lagi harga murah untuk pegawai Pemprov. Mulai 1 Januari 2019 sudah tidak ada (subsidi) supaya pegawai Pemprov naik kendaraan umum," jelas Anies di Balaikota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (7/12).

Anies menyatakan bahwa selama ini ASN sangat diuntungkan dengan parkir yang bayarnya murah. Menurut Anies logika tersebut salah, sebab semakin murah lahan parkir akan semakin banyak yang menggunakan kendaraan pribadi.

"Ini Pemprov malah mengajari yang salah, dengan kami memberikan biaya parkir yang murah, berkantor di Merdeka Selatan. Kami pegawai Pemprov punya hak menggunakan TJ free ya pakai itu," tegasnya.

Sebelumnya, Plt Kadishub DKI Jakarta, Sigit Widjatmoko menjelaskan setelah adanya penghilangan subsidi, harga parkir per-jam pun akan dinaikkan di kawasan IRTI Monas. Ia menyatakan bahwa perintah ini sudah langsung diintruksikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Di samping itu, harganya juga akan ditingkatkan. Sehingga, Pak Gubernur ingin PNS DKI bisa menjadi contoh atau pelopor untuk masyarakat lain," jelas Sigit.

Nantinya, kebijakan ini akan diimplementasikan pada awal tahun 2019. Sehingga, setelah percontohan di kawasan IRTI Monas, hal tersebut akan dilanjutkan ke wilayah yang lainnya di seluruh Jakarta.

"Januari harus implemented. Jadi kami awali parkir di Lapangan IRTI baru yang lain," pungkasnya.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up