JawaPos Radar | Iklan Jitu

Shania yakin Generasi Muda JKT48 Mampu Menjawab Tantangannya

09 Desember 2018, 19:37:11 WIB
Shania yakin Generasi Muda JKT48 Mampu Menjawab Tantangannya
Kapten JKT48 Shania Junianatha (ARYO MAHENDRO/JAWA POS)
Share this

JawaPos.com – Kapten JKT48 Shania Junianatha mengumumkan kelulusannya di Sleman City Hall pada Sabtu 17 November 2018 lalu. Saat itu, Shania juga memberikan tantangan kepada member lain yang lebih muda untuk membuat JKT48 bersinar lagi. Sebulan telah berlalu, apa kabar tantangan itu?

Usai Back Hip Circle Saka Agari Handshake Festival di Tunjungan Plaza Surabaya, Sabtu (8/12), Shania menyampaikan harapan kepada para juniornya di JKT48. Dia berharap, eksistensi para member setelah dia lulus nanti bisa membuat JKT48 kembali berjaya. Sama seperti saat JKT48 masih diperkuat Melody, Veranda, sampai Nabilah.

Harapan yang sama saat dia menyampaikan pengumuman kelulusannya di Jogjakarta, sebulan yang lalu. "Tatangannya, mengulang JKT48 yang baru. Maksudnya, bagaimana cara mereka mengubah image JKT48 yang masih (identik dengan) anak-anak yang sudah nggak ada (lulus). Menjadi, JKT48 yang isinya anak-anak sekarang," kata Shania.

Menurutnya, para member generasi yang lebih muda seharusnya mampu menjadi regenerasi figur populer JKT48 yang telah lulus. Dia menilai, banyak member baru JKT48 yang punya kemampuan untuk itu. Terlihat dari member generasi muda yang berhasil mencuri perhatian dan masuk di tim Senbatsu maupun Undergirls. 

’’Justru ada banyak anak-anak baru yang lebih bersemangat dan jadi naik lagi," kata Shania. Semangat member generasi yang lebih muda dan kuatnya basis penggemar, bisa menjadi kolaborasi klop dengan member lama. Apalagi, Shania juga melihat kalau member lama masih bisa survive di tengah banyaknya member baru.

Pemenang Pemilu ala JKT48 Cindy Yuvia mengatakan, tantangan dari Shania memang harus mampu dijawab member dari generasi yang lebih muda. Yupi sendiri dalam pidatonya saat menjadi pemenang pemilu juga menyinggung soal masa sulit JKT48. ’’Bagaimana caranya bisa menjaga eksistensi dan JKT48 bisa dikenal lagi,’’ kata Yupi.

Lebih lanjut dia mengatakan, JKT48 pernah pada masa dikenal oleh masyarakat luas. Sekarang, mungkin malah ada yang berpikir apakah grup idola dengan 60an member itu sudah bubar atau belum. Apalagi, member generasi pertama yang dikenal banyak orang sudah tidak ada lagi di JKT48.

Shani Indira Natio mengatakan, tantangan dari Shania mau tidak mau, harus dijawab. Sebab, sekarang JKT48 masuk dalam masa regenerasi juga. JKT48 sudah punya modal yang bagus karena memiliki member sampai generasi ke-7. Cepat atau lambat, regenerasi harus dilakukan.

’’Kami harus lebih banyak belajar ke kakak-kakak kita. Para senior yang sudah bikin JKT48 seperti ini. Mau nggak mau, kami harus siap menghadapi semua itu,’’ tutur Shani.

Sedangkan Nurhayati atau Aya yang berasal dari generasi ke-5 juga memiliki pandangan yang sama. Regenerasi tidak mungkin dihindarkan. Tinggal bagaimana para member mau melaluinya. ’’Termasuk, mengejar level supaya kualitas JKT48 makin baik,’’ kata Aya.

Sisa Waktu Shania bersama JKT48

Meski sudah mengumumkan kelulusannya pada awal November, belum diketahui pasti kapan pertunjukan terakhir Shania bersama JKT48. Begitu juga apakah ada konser khusus untuk melepas member yang kini menjadi Kapten JKT48 itu. Jika diminta memilih, Shania tentu berharap ada pertunjukan khusus sebelum menanggalkan nama JKT48 di belakangnya.

Besar kemungkinan, Shania akan ada di JKT48 hingga sebelum pertengahan 2019. Jika memang ada konser kelulusan, Shania ingin membawakan beberapa lagu yang menurutnya sangat berkesan selama di JKT48. 

"Maksudnya, (lagu-lagu) momen bersama JKT48 generasi pertama yang utama dan juga bareng member JKT48 yang baru," katanya.

Editor           : Dhimas Ginanjar
Reporter      : (HDR/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini