JawaPos Radar | Iklan Jitu

Kasus 1 Kg Sabu, 3 Personel Satpol PP Dibebaskan

12 Januari 2019, 11:33:26 WIB
Imam Hud
Kepala Satpol PP Kota Makassar Imam Hud. (Sahrul Ramadan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Aparat Satreskoba Polres Parepare menggagalkan penyelundupan sabu-sabu sebanyak 1 kg, Rabu (2/1) lalu. Tiga personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Makassar sempat diamankan atas perkara tersebut. Mereka adalah FR, 30; DD, 28: IR, 26.

Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan, ketiga personel Satpol PP itu akhirnya dibebaskan. Mereka dinyatakan tidak terbukti terlibat dalam upaya penyelundupan narkoba.

Kepala Satpol PP Kota Makassar Imam Hud membenarkan pembebasan ketiga personelnya. Menurutnya, ketiga anggota Satpol PP hanya diperiksa sebagai saksi

"Paling tidak ada pelajaran berharga. Mereka menghadap ke saya dan ternyata sudah bebas. Kami berterima kasih kepada pihak kepolisian yang melaksanakan pemeriksaan dengan sangat profesional," kata Imam Hud, Sabtu (12/1).

Meski begitu, Imam Hud memberikan kesempatan jika sewaktu-waktu polisi kembali memanggil anggotanya untuk dimintai keterangan. "Kami berikan kesempatan jika dibutuhkan untuk dimintai keterangan. Kami akan memfasilitasi itu," terang Imam.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, tiga Satpol PP Makassar berstatus tenaga honorer itu hanya disuruh pemesan narkoba untuk menjemput MH. Namun, MH ternyata membawa 1 kg sabu dari Nunukan, Kalimantan Utara.

MH dijanjikan uang sebesar Rp 40 juta untuk membawa sabu dari Nunukan ke Makassar melalui jalur laut Pelabihan Parepare. Sementara si pemesan barang haram tersebut masih dalam pengejaran polisi.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar Mohammad Ramadhan Pomanto menegaskan, akan memecat langsung ketiga personel Satpol PP apabila terbukti dalam kasus narkoba. Ia juga telah mengistruksikan Kepala Satpol PP Imam Hud memproses tegas anggotanya jika terbukti terlibat.

"Saya juga sudah panggil (Imam Hud), kami putuskan kontrak (ketiga Satpol PP). Intinya harus diusut tuntas," tandas pejabat yang akrab disapa Danny Pomanto itu, Jumat (4/1).

Editor           : Sofyan Cahyono
Reporter      : Sahrul Ramadan

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini