JawaPos Radar | Iklan Jitu

Pekan Depan, Bawaslu Jateng Panggil Ganjar soal Deklarasi di Solo

12 Februari 2019, 20:20:59 WIB
Pekan Depan, Bawaslu Jateng Panggil Ganjar soal Deklarasi di Solo
PILPRES 2019: Dari 35 kabupaten/kota di Jateng, hanya empat pimpinan daerahnya yang tidak diundang, yakni Kabupaten Sragen, Kendal, Kota Tegal dan Salatiga. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Tengah mengklaim bakal segera memanggil Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Pemanggilan terkait permintaan klarifikasi soal acara deklarasi pemenangan Jokowi-Ma'ruf yang diinisiasi Politikus PDIP itu, Sabtu (26/1) lalu di Hotel Alila, Kota Solo.

"Surat sudah kita kirim hari ini tadi. Undangan untuk minggu depan (Senin, 18 Januari 2019)," kata Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Jateng, Sri Wahyu Ananingsih, saat dikontak melalui WhatsApp, Selasa (12/2).

Sri mengatakan, pemanggilan ini menindaklanjuti pelaporan dari tim Paslon Pilpres nomor 02 kepada Bawaslu Jateng. Di mana, dalam laporan tersebut mencantumkan adanya dugaan pelanggaran pada acara yang diikuti puluhan kepala dan wakil kepala daerah. "Dugaan pelanggaran adanya tindakan menguntungkan, izin cuti dan penggunaaan fasilitas pemerintah," tambah Sri.

Dalam hal ini, lanjut Sri, pihaknya sendiri yang akan meminta keterangan kepada Ganjar. Karena, laporan memang ditujukan atau masuk ke Bawaslu Jateng. "Hanya kemarin untuk efektifitas saja, kita minta (bawaslu) kabupaten/kota untuk melakukan klarifikasi masing-masing kepala daerah dan atau wakilnya yang terlihat hadir di giat itu," tutupnya.

Sebelumnya, Divisi Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jawa Tengah Rofiuddin mengungkapkan, beberapa kepala daerah yang hadir pada acara deklarasi di Solo sudah dimintai klarifiksi. Di antaranya, Wakil Wali Kota Semarang, Bupati dan Wakil Bupati Semarang, Bupati dan Wakil Bupati Banyumas, dan masih banyak lagi.

"Semua Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang hadir di Solo dipanggil. Tapi berapa yang datang dan berapa yang nggak datang, data masih terus berjalan," imbuhnya saat dikontak.

Klarifikasi, dalam hal ini adalah guna memintai keterangan kepada para kepala daerah dan wakil kepala daerah perihal kehadiran mereka pada acara di Hotel Alila. "Pertanyaan banyak. Tapi (intinya) seputar soal acara deklarasi dukungan ke salah satu capres di Solo itu," tuturnya.

Editor           : Sari Hardiyanto
Reporter      : Tunggul Kumoro

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up