JawaPos Radar

Viral Karena Sebut Nabi Muhammad Sesat, Ustad Evie Effendi Dipolisikan

14/08/2018, 12:32 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Viral Karena Sebut Nabi Muhammad Sesat, Ustad Evie Effendi Dipolisikan
Ustad Evie Effendi datang ke kantor MUI Jabar. (Siti Fatonah/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ustad Evie Effendi dilaporkan ke polisi terkait dugaan penafsiran salah satu ayat Al Quran dengan menyebut kalimat Nabi Muhammad SAW awalnya sesat. Laporan tersebut dibuat Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU) Jawa Barat, setelah video ceramah Ustad Evie viral di media sosial.

Ditreskri‎msus Polda Jabar, Kombes Samudi membenarkan adanya laporan terhadap Ustad Evie Effendi terkait isi ceramahnya. Laporan itu dibuat 11 Agustus 2018, dugaan UU ITE dengan nomor laporan:LPB/769/VIII/2018/JABAR.

"Ada laporan, sudah ditangani Polda Jabar," kata Sumadi, Selasa (14/8).

Pasalnya, Direskrimsus Polda Jabar sudah memeriksa saksi-saksi (pelapor). Bahkan akan mendatangkan ahli tafsir Al Quran untuk menyelidiki kasus tersebut.

Sebagaimana diketahui, ceramah ustad Evie Effendi viral di media sosial yang menafsirkan surat Ad dhuha ayat 7. Dalam tafsirannya disebutkan semua manusia berawal bodoh dan sesat, termasuk Nabi Muhammad.

"Wa wajadaka dhoollan fa hada, Setiap orang itu sesat awalnya, Muhammad termasuk. Makanya kalau ada yang Mauludan, ini memperingati apa ini? Peringati kesesatan Muhammad," isi ceramah ustad Evie yang viral.

Usai adanya laporan, ustad Evie dipanggil MUI Jabar untuk melakukan klarifikasi dan meminta maaf kepada seluruh umat muslim.

"Saya meminta maaf secara resmi khsusnya kepada MUI dan umat Islam umumnya. Semoga ini tidak menjadi fitnah untuk umat Islam dan terpicu menjadi sebuah konflik yang berkelanjutan," ujar Ustad Evie di Kantor MUI Jabar.

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up