JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tahun Baru, Jembatan Air Mancur Pertama di Indonesia Diresmikan

15 Desember 2018, 19:06:59 WIB
Tahun Baru, Jembatan Air Mancur Pertama di Indonesia Diresmikan
Jembatan Banjir Kanal Barat (BKB) Kota Semarang, yang sisi kiri-kanannya terpasang perangkat air mancur, Sabtu (15/12). (Tunggul Kumoro/jawapos.com)
Share this

JawaPos.com - Bridge fountain atau jembatan air mancur Kota Semarang yang berada di Jembatan Banjir Kanal Barat (BKB) dikabarkan sudah selesai pemasangannya. Rencananya, jembatan tersebut bakal diresmikan pada perayaan malam tahun baru nanti.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Semarang Izwar Aminuddin. Ia mengatakan bahwa arsitektur yang diklaim menjadi pertama di Indonesia dan ketiga termegah sedunia ini sudah beberapa kali diujicobakan.

"Masih kita setting-setting uji coba tiap malem. Sudah terpasang nozzle-nya semua dan sudah selesai sebenarnya pemasangannya. Tapi, nanti peresmiannya masih saat perayaan malam tahun baru oleh Pak Wali Kota," kata Izwar saat dihubungi, Sabtu (15/12).

Uji coba ini, kata dia, guna memastikan bahwa nozzle dapat bergerak sesuai irama gerakan yang dirancang. Karena memang semuanya bersistem otomatis melalui sensor.

"Karena di setiap nozzle itu ada sensornya. Nanti input masuk melalui control room dan nanti harapannya bisa menghasilkan atraksi air mancur menari yang apik seperti sejauh ini uji coba. Jadi menari sesuai irama musik seperti itu," katanya lagi.

Setidaknya terdapat tiga air mancur yang dipasang di sisi kanan dan kiri jembatan. Satunya ditempatkan di tengah, atau di antara dua jembatan BKB. Mekanismenya, air disedot dari sungai memanfaatkan pompa, kemudian disemburkan kembali dengan nozzle yang sudah diatur sedemikan rupa gerakannya.

Yang menambah indah nantinya karena atraksi air mancur ini disorot lampu warna-warni. Sehingga bernilai seni lebih dan diharapkan proyek senilai Rp 17 miliar ini berdiri senagai salah satu ikon anyar di Kota Lunpia. "Dari produsen bilang ini terbesar ketiga setelah China (Tiongkok) dan Dubai. Pernyataan dari pabrikan seperti itu," sambungnya.

Karena bridge fountain ini letaknya di salah satu ruas lalu lalang kota, Izwar pun memastikan jika atraksi air mancur menari ini bisa dinikmati siapa saja. Tanpa dipungut biaya sepeser pun alias dibuka untuk umum.

Kendati demikan, mengenai pengoperasian regulernya, Izwar mengaku belum paham. "Soal jam aktifnya nanti itu Pak Wali Kota yang punya kebijakan," tandasnya.

Editor           : Yusuf Asyari
Reporter      : (gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up