JawaPos Radar | Iklan Jitu

Warga Riau Merasa Bahagia Dapat Sertifikat Gratis Dari Jokowi

15 Desember 2018, 20:00:59 WIB
Warga Riau Merasa Bahagia Dapat Sertifikat Gratis Dari Jokowi
Presiden Joko Widodo memberikan sertifikat tanah kepada warga Riau, Sabtu (15/12) siang. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Sekitar 6 ribu masyarakat dari seluruh kabupaten/kota di Riau, mendapatkan sertifikat hak atas tanah secara gratis dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sabtu (15/12). Dengan diterimanya sertifikat ini, warga merasa sangat bahagia.

Salah satunya adalah Siti Salkiah, warga Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru. Perempuan berusia 45 tahun ini, sangat berterima kasih dengan pemerintah saat ini. Sebab, mengurus surat tanah bukanlah perkara mudah dan membutuhkan biaya yang cukup mahal.

"Rencana (ngurus sertifikat tanah) udah lama, tapi berbenturan biaya. Tapi Alhamdulillah diberikan kemudahan, gratis," kata Siti Salkiah.

Warga Riau Merasa Bahagia Dapat Sertifikat Gratis Dari Jokowi
Presiden Joko Widodo memberikan sertifikat tanah kepada warga Riau, Sabtu (15/12) siang. (Istimewa)

Kemudahan yang dimaksud Siti yaitu, ia tak perlu lagi pergi ke kantor BPN. Ia hanya perlu menyerahkan Surat Keterangan Ganti Rugi (SKGR) kepada pihak BPN yang sebelumnya telah mendatanginya.

"Mudahnya, petugas BPN datang ke posko daerah kami, jadi kami hanya tinggal nyerahin persyaratannya ke petugas saja. Persyaratannya SKGR," sebutnya.

Sertifikat ini nantinya, akan digunakan Siti untuk bukti hak hukum atas tanah seluas 403 meter persegi yang di atasnya telah didirikan rumah. "Belum punya sertifikat. Sebelumnya juga belum pernah ngurus ke BPN, karena warisan dari orang tua," bebernya.

Hal senada juga disampaikan oleh Titi Sumanti, warga Kabupaten Siak. Ia mengaku sangat senang dengan diberikannya sertifikat ini. "Tahunya dari petugas, cuma di data aja. Sudah lama juga perjuangin," kata dia.

Sertifikat ini, nantinya akan digunakannya untuk lahannya yang terletak di Sungai Limau. Meski begitu, Titi mengaku tak ingat berapa luasan lahan yang nantinya akan disertifikatkannya. "Tak ingat berapanya. Cuma untuk lahan," pungkasnya.

Pembagian sertifikat oleh Presiden Jokowi dilakukan di Rumah Dinas Gubernur Riau, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Sabtu (15/12) siang. Pembagian sertifikat ini, merupakan program khusus pemerintah dalam bentuk Tanah Objek Reforma Agraria (TORA).

Pembagian ini dilakukan, karena Jokowi sering mendapat keluhan dari masyarakat bahwasanya, sering terjadi sengketa lahan. "Ada di mana-mana. Bukan hanya di Pulau Sumatera, bukan hanya di Pulau Jawa, di Kalimantan, Sulawesi, NTT, NTB, Maluku, dan Papua ada semua yang namanya sengketa," kata dia dihadapan ribuan masyarakat.

Sengketa lahan kata dia, bukan hanya terjadi antara masyarakat dengan masyarakat saja. Tetapi juga dengan perusahaan bahkan pemerintah. "Karena apa? Masyarakat tidak pegang ini yang namanya tanda bukti hak hukum atas tanah yang namanya sertifikat," sebutnya.

Editor           : Budi Warsito
Reporter      : (ica/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up