JawaPos Radar | Iklan Jitu

Kasir Jago IT, Kacaukan Sistem Komputer Lalu Gondol Uang Perusahaan

16 Desember 2018, 11:14:15 WIB
Kasir Jago IT, Kacaukan Sistem Komputer Lalu Gondol Uang Perusahaan
Tersangka (kiri) saat diperiksa di Mapolsek Singosari. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com- Dani Tri Prasetyo, 24, seorang kasir di salah satu lokasi wisata yang berada di Kabupaten Malang harus merasakan dinginnya lantai jeruji Mapolsek Singosari. Warga Mangliawam, Pakis itu kedapatan menggelapkan uang perusahaan tempatnya bekerja. Tak tanggung-tanggung, uang yang diembat Dani sebesar Rp 287 juta.

Kanitreskrim Polsek Singosari Iptu Supriyono menjelaskan, modus yang digunakan oleh pelaku adalah dengan merusak sistem komputer. Bagian yang diutak-atik adalah sistem pembayaran pada bagian kasir. Sehingga sirkulasi dana yang masuk dan keluar dari sistem itu kacau.

Alhasil, tempat wisata berbasis water park itu rugi ratusan juta rupiah. "Ditekan enter berkali-kali sehingga sistem pembayaran eror. Tersangka ini di bagian kasir tapi pandai IT," jelas Pri kepada JawaPos.com, Minggu (16/12).

Kasus itu terungkap setelah polisi menerima laporan dari HR Manager tempat wisata itu, Lucia Early Adriani. Lucia melapor pada pertengahan Oktober lalu.

"Begitu mendapat laporan kami langsung menyelidikinya. Setelah seluruh barang bukti kami amankan, Jumat malam (14/12) tersangka kami tangkap di rumahnya," beber Pri.

Saat ditangkap, tersangka tak melakukan perlawanan. Dani mengakui aksi kejahatannya. Saat ini kasus tersebut sudah masuk tahap penyidikan.

Beberapa barang bukti yang diamankan polisi antaran lain 19 lembar fotokopi data redeem, satu lembar fotokopi hasil audit, satu surat pengangkatan tersangka sebagai karyawan, dan slip gaji.

"Sejauh ini, tersangka cukup kooperatif. Dia juga menyesali perbuatannya," imbuh Pri.

Tersangka dijerat  dengan pasal 49 UU RI No 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan atas UU No 11 tahun 2008. UU ini mengatur tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan pasal 374 KUHP. 

"Tersangka terancam hukuman 10 tahun penjara," tandas perwira dengan dua balok di pundak ini.

Editor           : Dida Tenola
Reporter      : (tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini