JawaPos Radar | Iklan Jitu

Bentuknya Tidak Mirip, Tugu Keris Raksasa Jembatan Tirtonadi Dikritik

20 Januari 2019, 11:21:47 WIB
Tugu keris raksasa di jembatan Tirtonadi, Solo, yang dianggap tidak mirip keris.
Tugu keris raksasa di Jembatan Tirtonadi, Solo, yang dianggap tidak mirip keris asli. (Ari Purnomo/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com- Budayawan dan ahli keris mengkritik tugu keris yang ada di Jembatan Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah (Jateng). Pasalnya, tugu yang digadang-gadang menjadi ikon baru kota Solo itu justru dinilai sama sekali tidak mirip dengan keris.

Salah seorang budayawan keris, Adi Sulistiyono menyampaikan, dirinya tidak pernah melihat ada keris yang bentuknya seperti tugu keris. Salah satu bagian yang membuat tugu tersebut tidak seperti keris adalah pada bagian bawahnya.

"Keris itu memiliki kontur tertentu dan simetris, lha ini bagian atas tidak simetris dan bawahnya juga sangat berbeda," ungkapnya kepada JawaPos.com, Minggu (20/1).

Menurutnya, keris mempunyai pakem atau aturan baku yang tidak bisa disepelekan. Sehingga, jika tugu tersebut bentuknya keris maka setidaknya harus mengikuti pakem yang ada. Sedangkan, bangunan tugu tersebut dinilainya tidak mengikuti pakem tersebut.

"Keris itu adalah seni tradisi, yang mana ada pakem dan itu sudah diikuti sejak dulu secara disiplin oleh para seniman maupun masyarakatnya. Kalau tugu ini, bentuknya keris bukan, pedang juga tidak," kritiknya.

Ketua Paguyuban Bawa Rasa Tosan Aji Surakarta (Bratasura), Agus Atmo Wijoy, mengatakan, seharusnya pemerintah melibatkan insan perkerisan sebelum membangun tugu. Sehingga, bentuknya dan pakem pembuatan bisa dibangung secara sempurna. Agus pun menyayangkan tugu keris yang justru tidak mirip dengan aslinya.

"Sangat disayangkan, di Solo kan banyak empu, pakar keris. Sebelum pembangunan, sebaiknya dilibatkan dulu," katanya.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan bahwa proyek tersebut menjadi kesatuan dari proyek jembatan Tirtonadi. Seluruh pengerjaannya, termasuk perencanaan, dilakukan langsung oleh pemerintah pusat. Sedangkan Pemkot Solo hanya sebatas untuk penyiapan lahan.

"Itu yang mengerjakan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kalau bentuknya itu sebenarnya keris dengan pamor beras wutah, tapi kalau ada yang beranggapan tidak mirip keris ya tidak apa-apa, " ungkapnya

Editor           : Dida Tenola
Reporter      : Ari Purnomo

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up