JawaPos Radar

Pertama Kalinya di HUT DKI Jakarta, Ancol Adakan Explore Ondel-ondel

20/06/2018, 10:59 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Pertama Kalinya di HUT DKI Jakarta, Ancol Adakan Explore Ondel-ondel
Ilustrasi (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ondel-ondel dikenal sebagai ciri khas masyarakat Betawi. Bahkan, icon Betawi satu ini sering di temui di pusat-pusat keramaian Kota baik di kantor-kantor pemerintahan, hotel dan tempat pariwisata di Jakarta.

Dalam rangka HUT DKI Jakarta ke-491, Ancol telah menyusun rangkaian acara bertemakan budaya asli Jakarta. Mulai dari Kampung Budaya Betawi di Pasar Seni, sampai parade ondel-ondel di kawasan pantai. Bahkan, ada juga ondel-ondel bermain bola yang jarang ditemui.

Acara ini dikemas dalam tema Explore Ondel-Ondel yang akan menampilkan parade yang diikuti lebih dari 100 orang, terdiri dari 50 ondel-ondel, musik tanjidor, iring iringan delman hias yang ditumpangi oleh finalis Abang None Jakarta, palang pintu betawi, penari petawi dan juga pencak silat serta lenong betawi yang khas.

"Hadirnya acara Explore Ondel-Ondel untuk meriahkan HUT Jakarta ke-491, kami ingin masyarakat Jakarta mengenal lebih dekat budaya aslinya sehingga jadi tahu dan menambah rasa cinta dengan budaya terdebut", ujar Direktur Utama Taman Impian Jaya Ancol, Paul Tehusijarana dalam keterangan tertulisnya, Rabu (20/6).

Akhir parade akan ditutup dengan aneka lomba seperti sepak bola ondel-ondel dan ondel-ondel memindahkan bola serta flash mob tarian betawi.  Dilanjutkan dengan tribute Benyamin Sueb oleh grup band Biang Kerok di panggung terapung (floating stage) di Pantai Lagoon Ancol. Acara ini digelar Sabtu (23/6) pukul 14.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Rangkaian acara ini diharapkan agar masyarakat bisa lebih mengenal dan mempelajari budaya di nusantara dengan cara yang unik dan menyenangkan.

"Sebagai kawasan wisata yang berbasis edukasi, Ancol memiliki kewajiban untuk menumbuhkan rasa Bhineka Tunggal Ika kepada masyarakat, dengan harapan tetap masyarakat tetap solid dengan keberagaman latar belakang budayanya," jelas Paul.

Explore Ondel-Ondel ini pertama kali digelar dikawasan pantai Ancol, tidak hanya itu konten budaya Betawi juga hadir di Pasar Seni Ancol dengan konsep Kampung Budaya Betawi. Maka,  untuk para pengunjung yang penasaran atas aksi Ondel-Ondel jangan sampai ketinggalan.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up