JawaPos Radar | Iklan Jitu

Penyelam SeaWorld Kesulitan Membawa Ondel-ondel Dalam Air

22 Juni 2018, 20:52:15 WIB
Penyelam SeaWorld Kesulitan Membawa Ondel-ondel Dalam Air
Para penyelam yang menyemarakkan HUT DKI Jakarta ke-491 di SeaWorld, Jakarta Utara (Ryen Gloria/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Para penyelam SeaWorld menghadirkan penampilan berbeda di Aquarium Utama. Biasanya hanya menyelam dalam keadaan bebas, namun kali ini para penyelam harus menampilkan silat dalam air bahkan pertunjukkan Ondel-ondel.

Salah Satu penyelam, Ikmal yang memperagakkan silat di dalam air bersama temannya, Kausal menceritakkan kesulitannya berlaga silat di dalam air.

"Karena di dalam aquarium utama arus air cukup besar jadi kami selaku tim pelaksana perlu kerja sama yang akurat untuk keseimbangannya supaya tidak ada kekurangan. Kami berusaha memberikan yang terbaik," tutur Ikmal saat ditemui di SeaWorld Ancol, Jakarta Utara, Jumat (22/6).

Ikmal dan timnya menyampaikan melakukan persiapan selama seminggu untuk menampilkan pertunjukkan silat dan Ondel-Ondel tersebut. Dia mengaku tidak memiliki konsep khusus, namun timnya ditugaskan menekankan ucapan selamat untuk Jakarta.

"Pastinya konsep untuk perayaan HUT DKI tidak ada aturan yang sangat tersusun, tapi ya diberikan konsep dari SeaWorld Ancol jadi kami tinggal melaksanakan saja," jelasnya.

Memakai baju luaran betawi, diakui Ikmal menjadi salah satu kesulitan. Namun, dirinya dan rekannya berusaha professional menampilkan yang terbaik untuk para pengunjung.

"Memakai baju khas betawi pastinya menggangu tapi kami berusaha professional, ya walaupun di luar baju betawi tapi tetap didalamnya memakai baju penyelam dan alat penyelaman lengkap," terangnya.

Begitupula dengan yang disampaikan salah satu penyelam Ondel-Ondel, Adit yang mengatakan ini pengalaman baru baginya. Dengan kondisi dan situasi yang sulit membuatnya merasa tertantang membawa Ondel-Ondel seberat 30 kg.

"Saya sama rekan Fahri, sulitnya yang pasti ruang gerak ya biasanya menyelam posisinya free tapi harus masuk ke lubang badan ondel berdiameter sekitar 50-75 meter dan ada tabung. Apalagi ada gimik menggerakkan tangan ya itu yang sulit ya," jelas Adit.

Adit pun menuturkan dirinya telah 5 tahun bekerja sebagai penyelam di SeaWorld dan baru kali ini tugasnya sangat unik yaitu membawa Ondel-Ondel.

"Biasanya kami memberikan makan, general cleaning membersihkan kotoran ikan di dalam. Saya sudah 4-5 tahun tapi yang senior juga ada," pungkasnya.

Editor           : Yusuf Asyari
Reporter      : (rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up