JawaPos Radar | Iklan Jitu

Rasakan Sensasi Berbeda Ikut Atraksi Bersama Burung-Burung Pemangsa

22 Juli 2018, 10:05:59 WIB
Rasakan Sensasi Berbeda Ikut Atraksi Bersama Burung-Burung Pemangsa
Bird Show yang hanya ada di Faunaland Ancol. (Reyn Gloria/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Ingin melihat pertunjukkan burung-burung yang memukau, bahkan ingin langsung berinteraksi dengan hewan beraneka ragam tersebut. Para orang tua bisa membawa buah hatinya ke mini zoo Faunaland, Ancol, Jakarta Utara.

Kepala Operasional Faunaland, Frengky mengatakan bird show ini dilakukan dua kali dalam satu hari saat weekday dan tiga kali saat weekend. Bird show ini bahkan melibatkan para buru pemangsa seperti elang.

Rasakan Sensasi Berbeda Ikut Atraksi Bersama Burung-Burung Pemangsa
Bird Show yang hanya ada di Faunaland Ancol. (Reyn Gloria/ JawaPos.com)

"Show diadakan di Tribun Bird Park, ya bisa memuat sekitar 300 orang sekali show. Memakan waktu sekitar 20-30 menit dan ada beberapa penampilan burung yang sudah kami latih," jelasnya kepada JawaPos.com di Faunaland, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (21/7).

Pada awalnya, ketika pengunjung telah masuk ke dalam tribun, MC pun langsung membuka acara dan memberikan informasi terkait burung yang akan tampil. Tidak hanya itu, pengunjung pun diajak ikut serta bermain dengan burung, dan membuat suasana lebih interaktif.

Ketika ada aba-aba dari MC, burung-burung pun akan datang dari sayap kiri tempat pertunjukan secara bergantian. Tidak hanya satu, beberapa spesies burung muncul dengan 2-3 ekor lainnya.

"Kalau untuk show kita bisa pakai 8-10 burung beda-beda jenisnya, kalau elang 4 jenis, hornbill 3 jenis. Sedangkan, burung pelikan dan landak untuk gimik saja," terang salah satu bird trainer, Trendy usai show.

Burung-burung unik yang ditampilkan dengan warna menarik antara lain kakak tua, burung hantu, hingga burung Elang putih pemangsa. Bahkan, ada saatnya burung-burung pemangsa ini akan menyambar makanan yang ditaruh kepala pengunjung.

"Hayo siapa yang berani, pakai topinya nanti elang bondol sang maskot kota Jakarta akan ada di atas adik, bapak atau ibu. Tapi ingat yang mau saja ya jangan dipaksa atau terpaksa," ucap Trendy saat memandu acara.

Menurut Trendy melatih para burung untuk dapat tampil sebaik mungkin memiliki proses yang berbeda. Dirinya menjelaskan ada burung yang bisa cepat terlatih hanya dalam 3 bulan, namun adapula yang lambat untuk jinak sampai memakan waktu 1 tahun pelatihan.

"Paling lama bisa hampir 1 tahun karena hewan punya karakter sendiri seperti manusia juga punya moodnya sendiri-sendiri jadj keeper trainer harus ngerti mood mereka," terang Trendy.

Selama dua tahun menjadi bird trainer, Trendy sempat menemukan beberapa kendala seperti burung gagal fokus, ataupun gagal diajak berkomunikasi. Namun titik terparahnya saat dirinya pernah dilukai oleh hewan-hewan tersebut.

"Paling sering kena accident itu trainernya, kalau pengunjung Alhamdulillah belum pernah. Saya pribadi hidung pernah berdarah, kuping sobek, tangan colek, muka kena cakar yang kita tahu tajamlah apalagi elang sama rajawali," jelasnya.

"Dibilang trauma sudah kebal, untuk awal kaget karena basicnya bukan pelatih burung tapi saya jalanin jadi makin nekat malah senang dilukai mereka, tanda sayang namanya," pungkasnya.

Pengunjung bisa menyaksikan pentas burung gratis pada jam-jam berikut ini yaitu pukul 11.00 dan 16.00 WIB (weekdays) serta 11.00, 14.00 dan 16.00 WIB (akhir pekan). Tiket masuk per pengunjung Rp 60.000 weekday, dan Rp 70.000 weekday.

Editor           : Bintang Pradewo
Reporter      : (rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up