JawaPos Radar | Iklan Jitu

Gempa 5 SR di Lebak Tidak Terasa, BNPB Minta Masyarakat Jangan Panik

07 Desember 2018, 09:30:11 WIB | Editor: Kuswandi
Seismograf
Ilustrasi: Seismograf (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Gempa bumi 5 SR mengguncang Lebak, Banten, Jumat (7/12) pukul 06.43 WIB. Pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 19 kilometer, tepatnya sejauh 83 kilometer Barat Daya Lebak. 

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, gempa tidak dirasakan masyarakat lantaran titiknya cukup jauh dari daratan. Dengan demikian, tidak ada pula korban jiwa serta kerusakan.

“Aman. Tidak ada korban jiwa dan kerusakan. Gempanya kecil dan di laut sehingga tidak berdampak merusak,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Jumat (7/12).

Saat ini, TRC BPBD Kabupaten Lebak masih terus mengumpulkan informasi terkait dampak gempa tersebut.

Sutopo mengimbau agar masyarakat tetap tenang menyikapi setiap informasi gempa. Jika pusat gempa dinyatakan berada di laut, maka kecil kemungkinan memakan korban ataupun kerusakan fisik. Namun sebaliknya ketika gempa berpusat di darat, guncangan akan terasa keras.

“Tidak usah panik dan cemas. Lihat lokasinya apakah di darat atau laut. Jika di darat pasti guncangan dirasakan keras apalagi jika dekat permukiman,” kata dia.

Lebih lanjut dirinya mengingatkan, bukan hanya pusat gempa, melainkan juga kedalaman dan kekuatannya harus dicermati masyarakat. Menurutnya, gempa-gempa baik kecil maupun besar sudah biasa, bahkan terjadi ribuan kali di Indonesia.

“Kedalaman berapa? Jika kurang dari 20 kilometer berarti sumbernya dangkal. Magnitudenya berapa? Rata-rata setahun ada 5.000-6.000 kejadian gempa dari kecil hingga besar di Indonesia,” papar Sutopo. 

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up