JawaPos Radar | Iklan Jitu

Sandi Nilai Anggaran Pendidikan Pemerintah Bisa Sejahterakan Guru

21 November 2018, 20:04:09 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Sandi Nilai Anggaran Pendidikan Pemerintah Bisa Sejahterakan Guru
Sandiaga Uno berkunjung ke Jawa Pos. (Issak Ramadhan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menyebut anggaran pendidikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) bisa dioptimalkan untuk mensejahterakan guru. Sayangnya, ia menilai hal itu tidak bisa dilakukan pemerintah.

"Dengan 20 persen jumlah yang yang dikhususkan untuk pendidikan kita mestinya bisa mengelola dengan lebih baik dan mendapatkan kebijakan yang lebih memberikan kesejahteraan kepada guru-guru," ujarnya saat ditemui di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (21/11).

Oleh karena itu, pihaknya konsisten untuk mensejahterakan para guru. Memberikan janji gaji guru hingga Rp 20 juta per bulan pun sudah lantang disuarakan timnya.

"Saya ingin garis bawahi apa yang diungkapkan pak Mardani Ali Sera itu sebagai salah satu pemikiran kita bagaimana meningkatkan kesejahteraan guru, bagaimana guru-guru honorer sekarang kita tingkatkan kepastian daripada status mereka.
Jumlah besarannya berapa sedang kita hitung sehingga tidak memberatkan beban dari tentunya anggaran kita," ungkapnya.

Sekedar informasi, alokasi pendidikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 masih sama seperti tahun 2018, yakni 20 persen dari total belanja pemerintah yang mencapai Rpv2.461 triliun. Artinya, pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp 492 triliun untuk pendidikan.

Dana itu dibagi untuk dua hal, yakni sebanyak Rp 308 triliun akan disebar ke berbagai daerah. Sementara, sisanya akan diberikan ke beberapa Kementerian/Lembaga (K/L) yang melaksanakan program pendidikan.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up