JawaPos Radar | Iklan Jitu

Korupsi Adik Zulhas Capai Rp 100 Miliar, buat Parpol sampai Beli Aset

18 Desember 2018, 10:34:36 WIB
Zainuddin Hasan
Bupati Lampung Selatan nonaktif, Zainudin Hasan. KPK menduga Zainudin menyamarkan sejumlah asetnya dengan menggunakan nama keluarga (Dok.JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Komisi Pemberantasan Korupsi menduga Bupati Lampung Selatan nonaktif Zainuddin Hasan melibatkan keluarga dalam dugaan korupsi yang menjeratnya. Kendati demikian, KPK memastikan tidak ada nama kakak Zainuddin yakni Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan.

"Aset-aset sekitar Rp 50 miliar tersebut kami duga ada yang atas nama-kan pihak lain termasuk keluarga, tapi sejauh ini tidak mendapat informasi aset atas nama kakaknya," ucap Juru Bicara KPK Febri Diansyah pada awak media, Selasa (18/12).

"Jadi belum ada sejauh ini (keterlibatan Zulkifli Hasan), Kita lihat di fakta persidangan, ada tiga pasal tindak pidana korupsi, satu pasal pencucian uang," jelas dia.

Menurutnya, dari tiga tindak pidana pertama yang didakwakan pada Zainudin, KPK memperkirakan uang haram yang dikantonginya berjumlah Rp 106,8 miliar. Sekitar Rp 54,4 miliar diduga digunakan untuk pencucian uang.

Dilain sisi, pihaknya membenarkan adanya aliran dana ke partai politik dari uang hasil dugaan korupsi Zainuddin. KPK akan membuktikannya secara bertahap dalam persidangan.

"Ada banyak tujuan penggunaan uang tersebut yang kami identifikasi, baik pembelian aset atau pemeliharaan aset termasuk indikasi pengadaan kegiatan partai politik," tutupnya.

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum KPK sudah membacakan dakwaan untuk Zainuddin dengan empat dakwaan sekaligus. Keempat dakwaan itu adalah penerimaan suap, penerimaan gratifikasi, ikut berperan dalam pengadaan, hingga pencucian uang.

Zainuddin ditangkap oleh penyidik KPK lewat operasi tangkap tangan pada 27 Juli 2018 di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung. Saat itu barang bukti yang ditemukan oleh penyidik hanya Rp 600 juta.

Seiring berjalannya waktu, penyidik berhasil menguak perbuatan korup Zainuddin yang menjalar ke berbagai proyek sehingga uang yang diduga dikorupsi mencapai Rp106,8 miliar.

Editor           : Imam Solehudin
Reporter      : (ipp/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini