JawaPos Radar | Iklan Jitu

Mutasi 68 Pati TNI, Kabasarnas Hingga Kapuspen Diganti

21 Desember 2018, 16:03:25 WIB
Muhammad Syaugi
Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) atau Badan Nasional Pencarian dan Penyelamatan (BNPP), Marsda Muhammad Syaugi saat menggelar konferensi pers lanjutan di Dermaga JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (3/11). (Sabik Aji Taufan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Perputaran jabatan di tubuh TNI kembali terjadi. Sebanyak 68 Perwira Tinggi (Pati) dipromosikan. Salah satunya Kepala Badan SAR Nasional (Kabasarnas), Marsda TNI Muhammad Syaugi juga turut dimutasi.

Rotasi jabatan ini berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1393/XII/2018, tanggal 20 Desember 2018 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Penglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto menetapkan mutasi jabatan terhadap 68 Pati TNI, terdiri dari 39 Pati jajaran TNI Angkatan Darat, 13 Pati jajaran TNI Angkatan Laut dan 16 Pati jajaran TNI Angkatan Udara.

Di jajaran TNI AD sejumlah jabatan strategis pun diisi oleh orang baru. Seperti, Mayjen TNI, Santos Gunawan Matondang dari Kapuspen TNI dipindah menjadi Wadanjen Akademi TNI. Sesditjen Kuathan Kemhan, Brigjen TNI Sisriadi ditunjuk untuk menggantikannya.

Adapula, Pa Sahli Tk. III Bid. Intekmil dan Siber Panglima TNI , Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin diangkat menjadi Staf Khusus Panglima TNI. Hingga Brigjen TNI Djashar Djamil, dari Kadisjarahad menjadi Staf Khusus Kasad.

Sementara itu, di TNI AL ada 13 pergeseran Pati, seperti Laksma TNI Nora Lelyana dari Kadiskesal menjadi Staf Khusus Kasal, hingga Laksma TNI Dewa Gede Nalendra dari Karumkital dr. RML Diskesal menjadi Kadiskesal.

Di TNI AU sendiri terdapat 19 pergeseran jabatan Pati. Salah satu yang menarik perhatian yaitu, Kabasarnas, Marsda TNI Muhammad Syaugi. Setelah hampir dua tahun menjabat sebagai orang nomor 1 di Basarnas, akhirnya di mutasi menjadi Pati TNI AU dalam rangka pensiun.

Mutasi jabatan di lingkungan TNI diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karir Perwira Tinggi, serta untuk mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis.

Editor           : Kuswandi
Reporter      : (sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up