JawaPos Radar | Iklan Jitu

Lasito, Hakim yang Resmi Menjadi 'Pasien' ke-25 KPK

07 Desember 2018, 17:32:38 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Hakim Lasito
Ilustrasi Hakim. Lasito Hakim PN Semarang resmi menjadi 'pasien' KPK ke-25 dari kalangan Hakim. (JPNN/Jawa pos.com)
Share this

Jawa pos.com - Penetapan tersangka yang disandang oleh hakim Pengadilan Negeri Semarang, menambah daftar panjang rentetan wakil tuhan di tanah air yang terjerat kasus oleh penegak hukum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hakim Lasito merupakan pasien hakim ke-25 yang terjerat dalam kasus korupsi.

Kasus korupsi yang menyerat Ahmad yakni adanya dugaan menerima suap senilai Rp 700 juta, dalam perkara korupsi yang ditanganinya mengenai penggunaan dana bantuan partai politik DPC PPP Kabupaten Jepara 2011-2014, ketika masa praperadilan yang membelit Bupati Jepara Ahmad Marzuqi.

"LAS (Lasito) selaku hakim pada Pengadilan Negeri Semarang diduga menerima hadiah atau janji dari AM (Ahmad Marzuqi)," ucap Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan ketika penetapan tersangka.

JawaPos.com, mencoba menelisik kebelakang, sebelum Hakim PN Semarang Lasito yang ditetapkan sebagai tersangka, ternyata sudah ada 24 hakim lain yang jadi pasien lembaga yang digawangi Agus Rahardjo cs ini.

Tak lama sebelum Lasito, KPK menetapkan dua hakim PN Jakarta Selatan sebagai tersangka pada Rabu (28/11) Kedua hakim dimaksud yakni Iswahyu Widodo dan Irwan.

Diduga, Iswahyu Widodo dan Irwan sudah menerima Rp 150 juta untuk putusan sela gugatan pembatalan perjanjian akuisisi PT CLM oleh PT AMPR di PN Jaksel pada Agustus 2018.

"Diduga sebelumnya majelis hakim telah menerima uang Rp 150 juta dari AF melalui MR untuk mempengaruhi putusan sela agar tidak diputus NO yang dibacakan pada bulan Agustus 2018 dan disepakati akan menerima lagi Rp 500 juta untuk putusan akhir," ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata ketika membacakan penetapan tersangka.

Sebelumnya, juga ada Hakim Adhoc Tipikor Pada PN Medan, Merry Purba yang ditangkap oleh tim KPK pada Rabu (29/8) yang terbelit kasus suap pada sebuah kasus korupsi yang ditangani di PN Medan. Merry diduga menerima duit SGD 280 ribu dari pengusaha Tamin Sukardi.

Ada juga, Hakim Pengadilan Negeri Tangerang Wahyu Widya Nurfitri yang ditangkap KPK karena menerima suap senilai Rp 30 juta dari advokat agar bisa mengabulkan permohonan kliennya. Penetapan tersangka terhadap Wahyu Widya pada selasa (13/3).

Berikut daftar 20 hakim lain yang menjadi pasien KPK sejak lembaga ini berdiri hingga sekarang:

1. RA Harini Wijoso (mantan hakim PT Yogyakarta)
2. Syarifuddin Umar (hakim PN Jakarta Pusat)
3. Ibrahim (hakim PTUN Jakarta)
4. Imas Dianasari (hakim ad hoc Pengadilan Hubungan Industrial PN Bandung)
5. Heru Kisbandono (hakim Pengadilan Tipikor Pontianak)
6. Kartini Marpaung (hakim Tipikor Semarang)
7. Setyabudi Tejocahyono (Wakil Ketua PN Bandung)
8. Ramlan Comel (hakim ad hoc Pengadilan Tipikor Bandung)
9. Pasti Serefina Sinaga (hakim tinggi pada Pengadilan Tinggi Bandung)
10. Asmadinata (hakim PN Semarang)
11. Pragsono (hakim PN Semarang)
12. Akil Mochtar (hakim konstitusi/Ketua MK)

(ipp/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up