JawaPos Radar | Iklan Jitu

Muluskan Izin Proyek Meikarta

Sejumlah Anggota DPRD Bekasi Dapat Hadiah Plesiran ke Thailand

12 Januari 2019, 14:55:23 WIB
Meikarta
MEIKARTA: Salah satu lokasi apartemen Meikarta yang dibangun di kawasan Bekasi, Jabar (Imam Husein/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan indikasi adanya dugaan aliran dana ke sejumlah anggota DPRD Kabupaten Bekasi dalam kasus suap proyek Meikarta yang menjerat Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hassanah Yasin. Dugaan KPK, dana itu digunakan oleh para wakil rakyat tersebut ke luar negeri, yaitu ke Thailand.

Juru bicara KPK Febri Diansyah menyebu, pihaknya sudah mengidentifikasi anggota DPRD Kabupaten Bekasi yang menerima aliran dana untuk ke luar negeri tersebut.

"Cukup banyak anggota DPRD Bekasi yang dibiayai bersama keluarga ke salah satu negara di Asia, salah satunya Thailand," ungkapnya saat dikonfirmasi, Sabtu (12/1).

Dia juga menjelaskan bahwa pihaknya memiliki catatan yang mendukung terkait dugaan plesiran yang dilakukan anggota DPRD Bekasi.

"Kita sudah punya bukti catatan-catatan yang mendukung terkait catatan pendukung terkait dugaan itu," jelasnya.

Menurutnya, KPK kini terus menelusuri terkait aliran dana ke anggota DPRD itu. KPK juga akan mendalami semua kegiatan anggota DPRD Bekasi selama berada di Thailand. "Kami juga akan dalami apa saja yang dilakukan di sana," ujarnya.

Sebelumnya, KPK menduga sejumlah dokumen perizinan yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam pembangunan Meikarta berstatus 'backdate' alias penanggalan mundur dari waktu sebenarnya. Akan adanya hal tersebut, lembaga ini juga telah memeriksa beberapa anggota DPRD, mantan Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar dan mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan tersangka pemberi suap Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro dan dua orang Konsultan Lippo Grup Taryudi dan Fitra Djaya Purnama serta satu orang pegawai Lippo Group Henry Jasmen.

Sedangkan, sebagai penerima fee sebesar Rp 7 milliar adalah Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin bersama Kepala Dinas PUPR Jamaludin, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi Sahat MJB Nahar, Kepala Dinas DPMPTSP Kab Bekasi Dewi Tisnawati, dan Kepala Bidang Tata Ruang PUPR Kabupaten Bekasi Neneng Rahmi.

Editor           : Kuswandi
Reporter      : Intan Piliang

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up