JawaPos Radar | Iklan Jitu

Pak Ruki, Terimakasih Sudah Hancurkan KPK

16 Desember 2015, 16:24:00 WIB
Pak Ruki, Terimakasih Sudah Hancurkan KPK
Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi saat mendatangi kantor KPK. (Putri Anisa/Jawapos.com)
Share this

JawaPos.com - Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPK Taufiequrrahman Ruki mendapat karangan bunga dari Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi.

Bersama dengan karangan bunga itu, koalisi yang terdiri atas Indonesian Corruption Watch (ICW), Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK), YLBHI, dan LBH Jakarta, menyampaikan kata sindiran. Khususnya untuk Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPK Taufiequrrahman Ruki.

Aktivis ICW Aradila Caesar menyatakan, pemberian karangan bunga itu sebagai wujud rasa terima kasih kepada Ruki yang dinilai telah menghancurkan KPK dari dalam.

"Dan kita berterima kasih pada empat komisioner KPK lainnya yang diam saja melihat KPK dihancurkan Pak Ruki," kata Aradila di depan gedung KPK, Rabu (16/12) siang.

Tak hanya mengirimkan karangan bunga, para aktivis yang tergabung dalam koalisi itu terlihat beraksi membawa kerupuk alot yang digenggam dan diletakkan tepat di depan mulut mereka.

Julius Ibrani dari YLBHI menuding Ruki telah lupa diri dengan keberadaannya di KPK saat ini berawal dari kriminalisasi Abraham Samad dan Bambang Widjojanto. Namun, menurut dia, Ruki seolah mengamini kriminalisasi dua pimpinan nonaktif KPK tersebut.

"Ruki seolah mengamini kriminalisasi BW-AS. Silakan diproses kalau keberatan silakan di pengadilan seolah AS dan BW musuh KPK," ujarnya.

Selain itu, koalisi tersebut menyayangkan sikap Ruki yang tak konsisten dan mengeluarkan pernyataan berbeda-beda soal revisi UU KPK. Menurut Jul, Ruki sepatutnya tegas dan konsisten dalam menolak revisi yang terindikasi melemahkan komisi antirasuah tersebut.

"Bukannya kontras, (mengatakan) KPK butuh revisi, jangan munafik," pungkasnya. (put/jpg)

 

Editor           : afni
Reporter      :

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up