JawaPos Radar | Iklan Jitu

Soal Kasus Habib Bahar, Kata PSI Itu Pelajaran untuk Semua Pihak

07 Desember 2018, 13:16:33 WIB | Editor: Kuswandi
Habib Bahar
Habib Bahar saat akan diperiksa Bareskrim Polri, Kamis (7/12) (Desyinta Nuraini/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Proses hukum terhadap Habib Bahar bin Smith berjalan cepat. Kemarin malam, Kamis (6/12) dia sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara penghinaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui ceramahnya.

Terkait itu, Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Rian Ernest menilai kasus Habib Bahar harus menjadi pembelajaran bagi semua pihak. Sehingga tidak sembarangan dalam mengeluarkan pernyataan di publik.

"Siapapun terutama profesi yang menjadi contoh dalam hal ini pemuka agama pun tentu harusnya ucapan menyejukan. Saya yakin nilai agama apapun mengajarkan kebaikan kesejukan," ujar Rian di komplek DPR RI Senayan, Jakarta, Jumat (7/12).

Sementara itu, adanya tudingan dari pihak oposisi bahwa proses hukum terhadap Bahar bagian dari kriminalisasi ulama, Rian mengaku tak setuju. Menurutnya proses hukum sudah berjalan sebagaimana mestinya.

"Kalau ada hukum di Indonesia yang berlaku dilanggar tentu ada penindakan hukum justru kalau ada profesi tertentu bebas dari hukum repot juga," imbuhnya.

Selain itu, menurut Rian, siapapun pelanggaran hukum memang harus diproses. Hukum tidak boleh pilih-pilih terhadap objeknya.

"Kalau kita pandang bulu, karena dia pemuka agama terus nggak diperiksa waduh bahaya untuk kualitas demokrasi," pungkasnya.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up