JawaPos Radar | Iklan Jitu

Usulan PSI soal Materi Korupsi Era Orde Baru Bikin PAN Jengkel

07 Desember 2018, 17:00:59 WIB | Editor: Estu Suryowati
Usulan PSI soal Materi Korupsi Era Orde Baru Bikin PAN Jengkel
Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno heran dengan usulan PSI. Seolah-olah tak ada materi lain yang lebih layak diperdebatkan selain korupsi era Orde Baru. (dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Usulan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengenai korupsi era Orde Baru menjadi materi debat capres-cawapres mendapat kritik dari banyak pihak. Salah satunya dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno heran dengan usulan PSI. Seolah-olah tak ada materi lain yang lebih layak diperdebatkan selain korupsi era Orde Baru.

"Apakah tidak ada topik lain yang bisa dijadikan topik pembahasan debat capres, sampai-sampai pembahasan tentang kejadian Orba harus dimasukkan?" ujar Eddy kepada JawaPos.com, Jumat (7/12).

Eddy pun mempertanyakan, jika debat yang digelar ditujukan untuk membahas Orde Baru, mengapa yang dikulik hanya korupsinya saja. Padahal, menurut dia, ada banyak keberhasilan pembangunan di era Presiden Soeharto tersebut.

"Mengapa tidak pencapaian zaman Orba juga dibahas? Misalnya pertumbuhan industri di kisaran 11-12 persen. Sedangkan pertumbuhannya saat ini di kisaran 4 persen saja," katanya.

Eddy pun berharap penyelenggara pemilu, dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) lebih obyektif dalam menentukan materi debat. Misalnya mengenai strategi atau komitmen pemberantasan korupsi oleh masing-masing capres.

"Jadi, bukan malah mendebat apa yang dilakukan rezim-rezim sebelumnya. Jangan sampai usulan debat materi Orde Baru, hanya bermaksud untuk menjatuhkan capres tertentu," pungkasnya.

(gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up