JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tekan Penggunaan BBM Fosil, Begini Hyundai Lakukan Inovasi

02 Desember 2018, 11:45:53 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Tekan Penggunaan BBM Fosil, Begini Hyundai Lakukan Inovasi
Hyundai kembangkan mobil bertenaga surya (Carscoops)
Share this

JawaPos.com - Perkembangan teknologi di dunia otomotif sangat memungkinkan produsen mobil membuat terobosan baru agar mobil lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Bila saat ini banyak produsen mengembangkan mobil listrik untuk green mobile,inovasi berbeda dilakukan Hyundai.

Di saat semua pabrikan berlomba-lomba mengembangkan mobil listriknya, Hyundai justru mengembangkan mobil dengan panel surya sebagai tenaga utamanya. Produsen otomotif asal Korea ini ingin menunjukan bahwa energi matahari adalah cara terbaik membangun mobil masa depan yang hemat energi.

Terkait pemanfaatan energi yang surya yang tak pernah habis itu, maka Hyundai dikutip Carscoops, beberapa waktu lalu menyebutkan akan bekerjasama dengan Kia Motors dalam mengembangkan powertrain hibrida yang mendapatkan pasokan tenaga dari panel surya yang disematkan pada mobil.

Pihak Hyundai mengatakan tujuan pemasangan panel surya pada atap atau kap kendaraan memberikan tenaga yang stabil pada kendaraan tanpa menggunakan bahan bakar konvensional. Panel surya akan menghasilkan daya listrik tambahan untuk sumber daya utama kendaraan dan pada saat yang sama mengurangi tingkat konsumsi bahan bakar.

Pemasangan panel surya pada mobil selama ini telah dipertimbangkan selama bertahun-tahun karena pada dasarnya tidak berfungsi secara maksimal karena keterbatasan sinar matahari di berbagai negara. Namun sebenarnya pengembangan bisa dilakukan dengan menyediakan tempat penyimpanan energi khusus untuk suplay kebutuhan energi bagi mobil.

Duo pabrikan Korea Selatan ini yakin dengan teknologi panel surya dengan kondisi atmosper yang terjaga baik selama beberapa waktu setiap hari sudah bisa menghasilkan tenaga yang cukup untuk 30 sampai 60 persen tingkat daya motor selama sehari penuh.

Panel surya Hyundai dalam bentuk solar foil, menurut pihak Hyundai dikatakan memiliki kapasitas 100Wh, yang telah terskema sehingga akan memenuhi penggunaan kendaraan harian untuk mengitari wilayah perkotaan.

Hyundai Vice President, Jeong-Gil Park mengungkapkan penggunaan beberapa sistem mobil menggunakan tenaga listrik dari matahari, akan sangat bermanfaat bagi lingkungan. Untum itu, mereka sangat mendukung penggunaan panel surya pada kendaraannya.

"Di masa depan, kami berharap untuk melihat berbagai jenis teknologi pembangkit listrik yang terintegrasi ke dalam kendaraan kami, termasuk sistem tenaga surya" kata Jeong-Gil Park.

Ia optimistis atap matahari adalah inovasi brilian yang pertama dari teknologi ini, dan akan berarti bahwa mobil tidak lagi mengkonsumsi energi secara pasif, tetapi akan mulai memproduksinya secara aktif.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up