JawaPos Radar

Ban Benjol? Harga Mati, Wajib Diganti Bro!

08/11/2018, 14:29 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Ban Benjol? Harga Mati, Wajib Diganti Bro!
Ban yang mengalami kebenjolan. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Apapun merek dan tipe ban yang digunakan, satu hal yang harus Anda ingat, semua ban memiliki kemungkinan mengalami benjol.

Sekalipun ban diproduksi melalui serangkaian teknologi canggih dan hanya memiliki 35% faktor campur tangan manusia dalam proses pembuatannya, namun faktor human error tetap dimungkinkan.

Seperti yang dilansir dari Good Year Care for your Safety, benjol atau yang sering disebut bulging pada ban bisa disebabkan oleh beragam faktor. Misalnya yaitu faktor fisik yang dipicu oleh terjadinya benturan keras pada lubang jalan saat kendaraan melaju dalam kecepatan tinggi, menyerempet marka jalan secara kuat, serta berbagai penyebab lain yang tidak Anda sadari.

Kemungkinan yang lain yaitu terjadinya kesalahan pabrikasi dalam proses produksi, walaupun hal itu angkanya sangat kecil.

Benjol di bagian telapak atau dinding samping ban disebabkan oleh tekanan angin yang tinggi dari dalam pada bidang dimana telah terjadi sparasi di bagian plies (open splies) atau cord (spread cord–regang pada plies).

Penyebab terjadinya benjol yaitu karena adanya tekanan angin dari dalam ban. Benjol bisa terjadi di dua area yaitu

1. Di bagian dinding samping (sidewall) atau telapak ban.

Penjol di bagian samping ban bisa dipicu oleh beberapa penyebab. Yaitu putusnya benang di area tersebut akibat mengalami benturan atau faktor pemakaian. Selain itu, melemahnya dinding samping akibat benturan yang terjadi pada area telapak. Pemicu berikutnya adalah benang di bagian dinding samping mengalami peregangan.

2.  Benjol yang terjadi diarea telapak.

Kondisi ini dipicu oleh terpisahnya komponen-komponen di bagain bawah telapak (separation) yang mungkin akibat terjadinya penambalan ban maupun benturan. Berikutnya, pemakaian ban yang tidak sesuai dengan kondisi jalan juga bisa menjadi penyebabnya.

Perhatikan Ini Bro!

Benjol pada ban dapat mengakibatkan penurunan performa dan kemampuan ban dalam mendukung keselamatan. Tak ada yang bisa dilakukan untuk memperbaiki ban benjol. Disarankan agar Anda segera menghubungi bengkel dan gantilah ban itu.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up