JawaPos Radar

Filter Udara Nirkarat, Enggak Nolak Dipakai Seumur Hidup

08/11/2018, 14:50 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Filter Udara Nirkarat, Enggak Nolak Dipakai Seumur Hidup
Filter udara Ferrox pakai bahan stainless steel dengan daya saring 45 mikron. (Wilfridus Zenobius Kolo / JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Filter udara merupakan komponen yang penting bagi mobil. Fungsinya untuk menyaring udara yang masuk ke ruang bakar melalui air intake. Jika kotoran ikut masuk ke dalam ruang bakar otomatis akan mengganggu proses pembakaran dan membuat perfroma kendaraan melorot.

Untuk itulah, Filter udara nirkarat berjaring 45 mikron menjadi pilihan ekonomis. Filter ini dapat memastikan udara yang masuk ke ruang bakar tidak terkontaminasi debuh atau parikel halus lainnya. Salah satu filter seperti itu dibesut oleh Ferox.

Sales Manager PT Prima Semesta Asia, Teng Herry Sutanto mengatakan bahan filter udara Ferrox dibuat dari bahan stainless steel 304 yang memiliki kualitas penyaringan mumpuni dengan usia pakai panjang.

"Biasanya ada filter udara yang menggunakan kertas karbon dan bahan lainnya yang cepat rusak. Penyaringannya juga tidak sempurna karena mempunyai pori-pori 12-25 mikron. Filter stainless steel berbeda, punya lubang penyaringan 45 mikron. Sehingga udara yang masuk benar-benar bersih," kata Teng Herry saat berbincang dengan JawaPos.com beberapa waktu lalu.

Meskipun demikian, Herry mengaku partikel halus lainnya bisa ikut masuk melalui filter udara. Namun partikel yang masuk sangat enteng sehingga semua musnah terbakar dalam ruang bakar mesin.

"Kalau semua filter udara tentu punya lubang dengan ukurannya maung-masing sehingga partikel-partikel tertentu melalui udara bisa masuk ke ruang mesin. Namun dengan ukuran yang sangat kecil dan kasat mata debu tak dapat masuk. Partikel yang masuk lebih enteng akan dan dapat terbakar habis,' ujarnya.

Selain memiliki jaring yang sangat kecil, bahan filter udara Ferrox dari stainless steel membuat ia lebih tahan lama. Bahkan bisa dipakai seumur hidup jika perawatannya dilakukan dengan benar.

"Daya tahan filter udara bisa sangat panjang karena bahannya dari stainless steel. Dalam uji cobanya jenis filter udara stainless steel ini jauh lebih tahan lama dari bahan kertas karbon dan bahan lainnya dengan perawatan yang baik," beber Herry.

Perawatannya juga relatif mudah . Hanya tinggal mencucinya dengan air sabun biasa. Yang penting saat penyemprotan tidak menggunakan udara bertekanan tinggi yang bisa merusak jaring filter udara. Kalau ada noda bandel, tinggal menggunakan sikat halus untuk membersihkannya.

"Kita menyarankan filter udara ini dibersihkan setiap pemakaian kendaraan 2 ribu Km. Harganya sekitar Rp 850 ribuan," tukasnya

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up